Pemkot Cimahi Kaji Hasil Uji Emisi Kendaraan Jadi Syarat Bayar Pajak

Rabu, 17 November 2021 - 00:17 WIB
loading...
Pemkot Cimahi Kaji Hasil Uji Emisi Kendaraan Jadi Syarat Bayar Pajak
Pemkot Cimahi sedang mengkaji ketentuan untuk menjadikan hasil uji emisi kendaraan sebagai syarat ketika masyarakat akan membayar pajak kendaraan. SINDOnews/Adi
A A A
CIMAHI - Pemkot Cimahi sedang mengkaji ketentuan untuk menjadikan hasil uji emisi kendaraan sebagai syarat ketika masyarakat akan membayar pajak kendaraan.

Hal tersebut mengacu kepada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 22 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, dimana uji emisi menjadi syarat pembayaran pajak .

"Sesuai aturan memang hasil uji emisi menjadi aturan untuk memperpanjang STNK. Tapi kami masih mengkani, untuk diterapkan di Cimahi karena harus melihat situasi dan kondisi," kata Kepala Bidang Penataan Hukum Lingkungan, DLH, Kota Cimahi, Dadan Supardan, Selasa (16/11/2021).

Menurutnya, uji emisi sebagai syarat untuk pembayaran pajak kendaraan cukup baik dan memiliki banyak manfaatnya apabila dilaksanakan. Salah satu yang paling akan dirasakan manfaatnya adalah bisa meminimalisasi pencemaran udara di Kota Cimahi.

Selain itu, kendaraan bisa lebih terawat karena harus lolos uji emisi. Sehingga memacu pemilik kendaran untuk selalu menjaga kendaraannya dengan baik. Dirinya ingin uji emisi yang dilaksanakan di Kota Cimahi sekaligus menjadi ajang sosialisasi.

"Uji emisi sebagai syarat untuk memperpanjang STNK baru akan dilaksanakan di Jakarta. Rencana kami dengan KLHK mungkin di tahun tahun berikutnya uji emisi ini merupakan syarat wajib bagi pemilik kendaraan," kata dia. Baca: Kejar Herd Immunity, Polresta Sidoarjo Gelar Vaksinasi 1.000 Lansia Berhadiah Beras 5Kg.

Kepala Seksi Pengendalian Pencemaran Kerusakan Lingkungan, DLH, Kota Cimahi, Lucky Sugih Mauludin menambahkan, berdasarkan hasil uji udara menggunakan metode pasif sampler, kualitas udara di Kota Cimahi masih aman.

Diharapkan dengan uji emisi kendaraan ini kualitas udara di Kota Cimahi menjadi lebih baik. Menuju kota yang udaranya terbebas dari polusi. "Udara di Cimahi masih cukup baik. Kita uji secara rutin dengan sampelnya dari industri, perkantoran, permukiman, dan transportasi," sebutnya. Baca Juga: Pria Manado Ditemukan Tewas Mengambang di Pantai Likupang Usai Pamit Berkebun.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1280 seconds (0.1#10.140)