Siasat Cerdik Panembahan Senopati Gunakan Perempuan Cantik Taklukkan Madiun

Senin, 15 November 2021 - 08:30 WIB
Siasat Cerdik Panembahan Senopati Gunakan Perempuan Cantik Taklukkan Madiun
Panembahan Senopati. Foto/Dok.Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta
A A A
Pasukan besar dikerahkan Panembahan Senopati, untuk menaklukkan Jawa bagian Timur. Pasukan Kerajaan Mataram itu, bergerak menuju Surabaya, melalui Blora. Pasukan besar itu, sempat beristirahat di wilayah Jipang.

Baca juga: Gong Kiai Pradah Pusaka Panembahan Senopati Melawan Pajang Ini Penampakannya saat Dijamas

Pergerakan pasukan besar dari Mataram ini, sudah diketahui oleh telik sandi Surabaya. Adipati Surabaya, dengan cekatan mempersiapkan kekuatan terbesarnya untuk menghadapi serangan dari Kerajaan Mataram.





Adipati Surabaya mengumpulkan seluruh bupati yang ada di bawahnya, mulai Bupati Tuban, Lamongan, Gresik, Lumajang, Kertasana, Malang, Pasuruan, Kediri, Blitar, Pringgabaya, Lasem, Madura, Sumenep, Pakacangan, dan Pragunan.

Baca juga: Memilukan! Belalai Seekor Anak Gajah Sumatera Nyaris Putus Tersangkut Jerat Babi

Penyerbuan Surabaya, oleh pasukan Mataram yang dipimpin Panembahan Senopati ini, digambarkan Peri Mardiono dalam bukunya yang berjudul "Tuah Bumi Mataram: Dari Panembahan Senopati hingga Amangkurat II".

Ekspansi Panembahan Senopati ke Surabaya ini juga melibatkan Sunan Giri. Hal ini bertujuan agar Sunan Giri bisa memberikan andil untuk menghindari pertumpahan darah lebih hebat. Alhasil Surabaya bisa ditaklukkan dan mengakui kedaulatan Mataram.

Setelah berhasil membuat Surabaya tunduk, Panembahan Senopati kemudian bergerak menuju Madiun dengan bala tentaranya. Di sana ia berusaha menduduki Madiun, tetapi jumlah prajurit Madiun jauh lebih banyak dari pada Mataram.
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1298 seconds (10.177#12.26)