Desa Wisata di Lombok Barat Optimalkan Sinergi lewat Pokdarwis Camp

Kamis, 11 November 2021 - 13:10 WIB
loading...
Desa Wisata di Lombok Barat Optimalkan Sinergi lewat Pokdarwis Camp
Upaya membangkitkan pariwisata Nusa Tenggara Barat menjadi fokus seluruh pihak, tak terkecuali desa wisata. Upaya sinergi dan kolaborasi terus dibangun demi mendatangkan wisataman. Foto SINDOnews
A A A
LOMBOK BARAT - Upaya membangkitkan pariwisata Nusa Tenggara Barat menjadi fokus seluruh pihak, tak terkecuali desa wisata. Upaya sinergi dan kolaborasi terus dibangun demi mendatangkan wisataman domestik dan mancanegara.

Penguatan itu antara lain dilakukan 25 wisata di Lombok Barat (Lobar) melalui kegiatan Pokdarwis Camp di Pantai Napak Tilas Cemare, Desa Lembar Selatan, sejak Selasa (9/11/2021). Kegiatan yang digelar Dinas Pariwisata Kabupaten Lobar bekerja sama dengan DPD AELI NTB ini diikuti 76 peserta.

Asisten I Setda Lobar Agus Gunawan mewakili bupati menyambut baik kegiatan ini. Dia pun menyampaikan apresiasi yang tinggi atas terselenggaranya kegiatan ini. Baca juga: Geliat Perhotelan di Sorong Mulai Membaik, Sandiaga: Alhamdulillah Lapangan Kerja Terbuka Luas

"Sangat penting meyatukan ide untuk memajukan kepariwisataan di Lombok Barat. Demikian juga untuk membangun desa wisata yang baik sangat diperlukan sinergi dan kolaborasi antara Pokdarwis se-Kabupaten Lombok Barat," ucap Agus Gunawan.

Dia menuturkan, Pokdarwis Camp merupakan kegiatan yang sangat variatif dan inovatif yang tujuannya tidak lain yaitu untuk menjadikan pariwisata Lombok Barat maju dan mampu menggaet wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Di tempat yang sama, Kepala Dispar Lobar Saepul Akhkam mengungkapkan jika Pokdarwis Camp ini tujuannya untuk menjadi tindak lanjut dan upgrading dari seluruh kegiatan-kegiatan pelatihan dan capacity building untuk para Pokdarwis setahun terakhir ini.

"Pokdarwis Camp 2021 adalah yang pertama kali kita lakakukan semenjak Dispar Lobar ada, dan tujuan lainnya adalah sebagai ajang silaturahim dan menyatukan visi-misi untuk membangun kapariwisataan di Lombok Barat," ujar Akhkam.

Semetara itu Kepala Bidang Sumbe Daya Manusia (SDM) Pariwisata Dispar Lobar, Erwin Rachman menyebutkan bahwa kegiatan Pokdarwis Camp ini bertujuan untuk memberikan modal lebih bagi para Pokdarwis dalam usaha memajukan desa wisata dan pariwisata di Lombok Barat secara keseluruhan.

"Dalam dua hari ini, kita kumpulkan para Pokdarwis atau perwakilannya, kami harapkan dengan kegiatan ini nantinya muncul ide-ide segar yang bisa diterapkan untuk membangkitkan kepariwisataan di daerah kita," ujar Erwin.

Kehadiran para Pokdarwis dalam kegiatan ini disebutkan Erwin bukan untuk berkompetisi, melainkan untuk berbagi informasi hingga kiat-kiat mengembangkan wisata di desa masing-masing. "Walaupun kegiatannya juga banyak berupa lomba, tapi tujuan sebenarnya adalah memberikan motivasi dan semangat berbagi ilmu diantara para peserta," lanjutnya.

Selain hadirnya Asisten I Setda Lobar, dan Kepala Desa Lembar Selatan serta Camat Lembar pada acara pembukaan, acara ini juga dihadiri langsung oleh Bupati Lobar H. Fauzan Khalid dan salah satu Anggota DPRD Lobar Lozawa Abdul Madjid saat sesi diskusi pada malam harinya.

Kegiatan ini juga menjadi ajang simbolis penyerahan piagam penghargaan bagi dua desa wisata di Lobar yang masuk 300 besar dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesi 2021.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini diwarnai dengan sejumlah kegiatan seperti lomba layang-layang, lomba renang, lomba membuat ekobrick, cleanup pantai, malam keakraban, diskusi seputar pariwisata, hingga sejumlah game menarik yang sudah dirancang untuk mempererat hubungan antar Pokdarwis sehingga memunculkan misi bersama dalam membangun pariwisata di Lobar.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1858 seconds (0.1#10.140)