Masuk Musim Penghujan, Pemkot Palembang Ingatkan Warga Waspadai DBD

Rabu, 10 November 2021 - 15:06 WIB
loading...
Masuk Musim Penghujan, Pemkot Palembang Ingatkan Warga Waspadai DBD
Tingginya intensitas hujan di Kota Palembang dalam dua pekan terakhir membuat pemerintah setempat bersiaga mengantisipasi segala hal yang mugkin terjadi, terutama DBD. Foto SINDOnews
A A A
PALEMBANG - Tingginya intensitas hujan di Kota Palembang dalam dua pekan terakhir membuat pemerintah setempat bersiaga mengantisipasi segala hal yang mugkin terjadi, terutama demam berdarah dengue (DBD). Pemerintahan Kota (Pemkot) Palembang mengimbau warga agar mewaspadai potensi ancaman berbagai jenis penyakit yang muncul.

Wakil Wali Kota Palembang, Fitrianti Agustinda mengatakan, masyarakat diminta untuk mengedepankan perilaku pola hidup sehat dan bersih (PHBS) untuk mengantisipasi ancaman penyakit akibat dampak musim penghujan.

"Memasuki musim hujan November 2021 ini hingga beberapa bulan ke depan, itu perlu diwaspadai karena kemungkinan timbul berbagai jenis penyakit yang dapat mengganggu kesehatan," ujar Fitrianti, Rabu (10/11/2021).

Menurutnya, sejumlah penyakit yang kerap menyerang pada musim hujan yang perlu diwaspadai warga diantaranya diare, batuk, flu, hingga demam berdarah dengue (DBD). "Sejumlah penyakit tersebut rentan menyerang warga kota yang tinggal di kawasan permukiman yang kurang terjaga kebersihannya," ucap Fitrianti.

Untuk mencegah penularan penyakit tersebut, kata Fitrianti, pihaknya meminta warga Palembang untuk meningkatkan kebersihan lingkungan, baik di sekitar tempat tinggal, tempat bekerja, lingkungan tempat usaha, dan lainnya."Kebersihan lingkungan tempat tinggal dan beraktivitas itu bisa tercipta dengan cara gotong royong, meningkatkan PHBS, serta tidak membuang sampah sembarangan," katanya.

Menurutnya, jika warga membuang sampah sembarangan pada musim hujan, bukan hanya bisa menjadi sarang penyakit tetapi juga dapat menyumbat saluran air yang mengakibatkan terjadinya genangan air di sejumlah kawasan permukiman penduduk dan jalan protokol.

"Melalui berbagai upaya untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat serta PHBS, diharapkan berbagai penyakit yang dikhawatirkan mewabah pada saat musim hujan dapat dicegah," ucap Fitrianti.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2419 seconds (0.1#10.140)