Geger! Warga Desa Sumsel Temukan Bongkahan Emas di Sungai Are

Senin, 08 November 2021 - 11:46 WIB
loading...
Geger! Warga Desa Sumsel Temukan Bongkahan Emas di Sungai Are
Warga temukan bongkahan emas di aliran Sungai Are. Foto: Dede/SINDOnews
A A A
OKU SELATAN - Warga Desa Ujan Mas, Kecamatan Sungai Are, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, Sumatera Selatan, geger. Pasalnya, warga desa setempat menemukan bongkahan emas dialiran Sungai Are.

Asman (30), warga desa setempat yang menemukan bongkahan emas tersebut mengatakan, bahwa bongkahan emas itu ditemukannya mengalir terbawa arus sungai dan mengendap begitu saja diantara bebatuan.

"Bongkahan emas yang ditemukan memiliki biji emas dengan ukuran kecil. Bongkahan itu terlihat diantara bebatuan di aliran Sungai Are," ujar Asman, kepada wartawan, Senin (8/11/2021).



Menurutnya, biji-biji emas itu ditemukan dirinya saat sedang adanya aktifitas pengerukan pasir dan bebatuan kali menggunakan alat berat, sehingga diduga emas keluar dari permukaan sungai.

"Adanya emas di sungai itu sudah lama diketahui warga. Bahkan banyak warga yang mencari emas sebelum akhirnya ditemukannya lagi emas ini. Namun, kini aktifitas itu mulai berkurang karena emas mulai jarang ditemukan," ujarnya.

Sementara itu, warga setempat lainnya Suhartono (44) menambahkan, sewaktu ramai pencarian emas, dirinya dan warga lainnya sampai melakukan penyelaman untuk menemukan emas tersebut.



"Emas di sungai kami ini banyak sekali, tapi tidak terlihat dipermukaan. Sehingga kami cari hingga ke dasar. Namun, saat ada aktifitas pengerukan, emas itu keluar lagi," ujarnya.

Untuk memisahkan emas dari campuran batu dan pasir, Suhartono menyebutkan cukup dilimbang menggunakan alat sederhana seperti kuali yang lebar atau alat khusus yang dibuat dari kayu. Prosesnya sama seperti masyarakat umum mencari emas.



"Sejak adanya penemuan bongkahan emas itu, warga setempat ramai-ramai kembali turun ke sungai untuk mencari emas. Kami juga berharap agar ada penelitian terkait kandungan emas yang ditemukan ini, sehingga dapat menambah penghasilan masyarakat di sini," katanya.
(hsk)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2288 seconds (0.1#10.140)