Bupati Gowa Instruksikan Pangkas Pohon Berpotensi Tumbang

Minggu, 07 November 2021 - 17:50 WIB
loading...
Bupati Gowa Instruksikan Pangkas Pohon Berpotensi Tumbang
Sejumlah pohon di wilayah Gowa dipangkas untuk antisipasi pohon tumbang. Foto: Sindonews/dok
A A A
GOWA - Bupati Gowa , Adnan Purichta Ichsan menginstruksikan agar seluruh pohon yang berpotensi tumbang, di seluruh wilayah Kabupaten Gowa agar segera di pangkas.

Sekadar diketahui akibat cuaca ekstrem yang terjadi di Kabupaten Gowa pada Kamis (4/11) lalu mengakibatkan belasan pohon tumbang di beberapa titik. Bahkan kondisi ini pun menyebabkan jendela kaca milik RSUD Syekh Yusuf pecah akibat diterpa angin kencang .



"Dalam sehari pohon yang tumbang terjadi di 15 titik, belum termasuk yang berada di wilayah di luar Sungguminasa," kata Bupati Adnan, Sabtu, (6/11/2021) kemarin.

Pada kondisi yang telah diprediksikan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) bahwa cuaca ekstrem akan terjadi di Sulawesi Selatan termasuk Kabupaten Gowa .

Menurut Adnan, cuaca ekstrem ini merupakan dampak dari Badai La Nina. Ia pun telah meminta kepada seluruh jajaran OPD untuk mengantisipasi kejadian ini sebelum dampak yang ditimbulkan semakin parah.

Bahkan dari jauh hari, Bupati Adnan sudah mengantisipasi agar tidak ada lagi pohon tumbang. Dengan cara menebang semua pohon yang berpotensi membahayakan masyarakat.

"Jadi yang memang sudah miring dan rawan untuk tumbang segera ditebang saja. Saya sudah instruksikan jauh-jauh hari makanya setiap hari lebih dari 10 pohon yang dirapikan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dipangkas dan ditebang," kata Adnan.

Ke depan kata Adnan, dirinya merencanakan mengganti seluruh pohon yang ada di sejumlah ruas jalan di Kabupaten Gowa dari yang sebelumnya berjenis Trembesi menjadi jenis pohon yang memiliki akar kuat.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2308 seconds (0.1#10.140)