Ikut Donor Darah Komunitas Anak Muda Ini Dapat Hadiah Unggas

Sabtu, 06 November 2021 - 01:55 WIB
loading...
Ikut Donor Darah Komunitas Anak Muda Ini Dapat Hadiah Unggas
Tujuh komunitas karang taruna (kartar) yang tergabung dalam Heppiii Community dan empat club motor Bold Riders di Ponorogo menggelar donor darah memperingati Sumpah Pemuda 2021.Foto/ist
A A A
PONOROGO - Tujuh komunitas karang taruna (kartar) yang tergabung dalam Heppiii Community dan empat club motor Bold Riders di Ponorogo menggelar donor darah memperingati Sumpah Pemuda 2021. Peserta yang donor mendapatkan unggas seperti ayam serta dapat bibit tanaman buah.

Koordinator acara Akbar Dwi Apriyanto mengatakan hewan unggas dan bibit tanaman buah ini dibeli dari petani di desa sekitar dari uang kas komunitas dan patungan anggotanya. Harapannya dapat membantu petani dan peternak desa sekitar karena produknya dibeli oleh karta.

"Kami bagikan masing-masing 100 unggas dan bibit tanaman buah produktif seperti alpukat dan klengkeng, mudah-mudahan juga hewan atau bibit tersebut dapat dikembangkan oleh warga yang mendapat," katanya didampingi panitia lainnya Medik Abdi Syahputra.

Baca juga: Terus Membaik, Tapi Crazy Rich Surabaya Ini Kesulitan Jelaskan Kondisi Galasky Anak Vanessa Angel

Kegiatan donor ini adalah tahun kedua, kali ini kegiatan yang dipusatkan di balai desa masing-masing karta ini antusiasme dari karang taruna maupun warga desa meningkat dari tahun sebelumnya. Donor digelar dalam beberapa tahap, dimulai dari tanggal 14,15, 21, dan 28 Oktober 2021.

Untuk karta yang terlibat dalam kegiatan ini adalah karta Suryo Pandowo (desa prajegan) , Gambir Sawit (desa pulung) , Bhakti Manunggal (desa kupuk) , Pokmas Selo Mulyo (desa japan), Sukosari Kauman, dan Sukosari Babadan serta Desa Plancungan.

Selain karta, kegiatan ini juga berkolaborasi dengan anak motor Bold Riders yang dilaksanakan pada 17 Oktober 2021 di PMI Ponorogo oleh 3 Komunitas motor dan 1 komunitas mobil, seperti Kawasaki NInja 4 Tak Ponorogo, Komunitas CBR Indonesia Ponorogo, Ponorogo Reog King Community, dan MTC.

"Total jumlah Karang Taruna ada 173 pendaftar dengan total kantong darah 127, untuk Bold Riders dari 29 pendaftar, dari jumlah itu didapat 19 kantong darah," urainya.

Acara donor darah di Ponorogo ini adalah bagian dari Kolaborasi KITA yang terus mengambil inisiatif menggelar berbagai kegiatan yang berdampak positif kepada masyarakat. Di bulan Oktober 2021 ini, Kolaborasi KITA menggerakkan lebih dari 800 komunitas di 88 kota/kabupaten di wilayah Indonesia Timur untuk terlibat dalam kegiatan donor darah.
Bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) di berbagai kota/Kabupaten, Kolaborasi KITA menyelenggarakan kegiatan Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri 2021.

Kegiatan yang melibatkan berbagai komunitas besar seperti Super Friends, Bold Riders, dan Karang Taruna (Karta) Heppiii Community ini sekaligus membuktikan komitmen dan konsistensi Kolaborasi KITA dalam mengembangkan jiwa sosial dan kepedulian kepada sesama diantara beragam komunitas di Indonesia Timur.

Kegiatan Donor Darah #SetetesDarahUntukNegeri2021 juga diharapkan akan memecahkan rekor dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). Ada dua kategori rekor MURI yaitu Donor Darah di Kabupaten/Kota Terbanyak dan pemecahan rekor Donor Darah oleh Komunitas Terbanyak.

Sebelumnya di tahun 2020, Kolaborasi KITA juga telah mendapat penghargaan MURI yaitu Donor Darah oleh Komunitas Terbanyak dan Donor Darah oleh Karang Taruna (Karta) Terbanyak. Kedua rekor MURI itu diperoleh dalam program donor darah bertajuk ‘Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri’ yang digelar pada bulan Sumpah Pemuda, Oktober 2020.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1403 seconds (0.1#10.140)