Banjir Bandang Kota Batu, 15 Orang Hanyut Terbawa Arus Anak Sungai Brantas

Kamis, 04 November 2021 - 19:40 WIB
loading...
Banjir Bandang Kota Batu, 15 Orang Hanyut Terbawa Arus Anak Sungai Brantas
Banjir bandang yang menerjang wilayah Kota Batu, Jawa Timur menyebabkan 15 orang hanyut terbawa arus sungai. Foto/BNPB
A A A
KOTA BATU - Banjir bandang yang menerjang Kota Batu, Jawa Timur menyebabkan 15 orang hanyut terseret aliran sungai yang meluap, Kamis (4/11/2021). Banjir terjadi sekitar pukul 14.00 WIB setelah hujan dengan intesitas tinggi mengguyur wilayah hulu Daerah Aliran Sungai (DAS) Brantas yang berada di lereng Gunung Arjuno.

Data sementara Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu, sebanyak 15 orang hanyut terseret aliran sungai yang meluap. Sebanyak 4 orang sudah ditemukan selamat, sedangkan 11 lainnya masih dalam pencarian.



"Empat (orang) sudah ditemukan. Alhamdulillah selamat semua. Tinggal 11 orang yang belum ditemukan," kata Kasie Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Batu, Achmad Choirur Rochim dalam keterangan resmi melalui BNPB, Kamis malam (4/11/2021).

Arus Anak Sungai Brantas yang melintas di Desa Sumber Brantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu mengalir sangat deras dengan membawa beberapa material lumpur, batu dan potongan kayu serta puing bangunan.

Banjir bandang tersebut berdampak di 5 desa di Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Adapun rinciannya adalah Desa Sumber Brantas, Desa Bulu Kerto, Desa Tulung Rejo, Desa Padang Rejo dan Desa Sidomulyo.

"Yang terdampak ini 5 desa yang dialiri Anak Sungai Brantas," jelas Rochim.



Data kerugian materil yang dicatat sementara oleh BPBD Kota Batu meliputi empat kendaraan hanyut dan satu unit rumah terendam. Data kerugian yang lain masih dalam proses asesmen di lapangan.

Guna percepatan penanganan banjir bandang tersebut, Tim BPBD Kota Batu dibantu lintas instansi terkait termasuk TNI dan Polri telah melakukan koordinasi, kaji cepat, pendataan lebih lanjut dan menyiapkan lokasi pengungsian.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2039 seconds (0.1#10.140)