Kapal Patroli Tercepat di Indonesia Perkuat Bakamla RI Jaga Selat Malaka

Kamis, 04 November 2021 - 19:09 WIB
Kapal Patroli Tercepat di Indonesia Perkuat Bakamla RI Jaga Selat Malaka
Kapal patroli tercepat di Indonesia perkuat Bakamla RI jaga Selat Malaka. Foto: Dicky Sigit/SINDOnews
A A A
BATAM - Satu unit Kapal High Speed Craft (HSC) baru karya putra bangsa, secara resmi masuk jajaran kapal patroli Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) .

Peresmian kapal HSC yang bernomor lambung HSC 32-02 itu ditandai dengan penekanan sirene dan pengguntingan pita dalam suatu rangkaian acara peresmian yang dipimpin langsung oleh Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia di Dermaga PT Palindo Marine Shipyard, Batam, Provinsi Kepri.

Adapun spesifikasi Kapal HSC tersebut memiliki panjang 14,30 meter, lebar 3,3 meter, bahan badan kapal alumunium, mesin 3 x 425 HP, kecepatan hingga mencapai 65 knots dan akomodasi 6 orang.

Baca juga: Kasus Penganiyaan yang Viral di Batam Bermula dari Masalah Utang



Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia dalam sambutannya mengatakan, kapal HSC ini merupakan kapal kedua yang dimiliki Bakamla RI, dan sangat diandalkan dalam penegakan hukum khususnya di wilayah pesisir Selat Malaka.

"Karakteristik penyelundupan saat ini bergerak dengan menggunakan kapal berkecepatan tinggi, sehingga untuk menghadapinya diperlukan aset patroli yang memiliki kecepatan tinggi pula," katanya, Kamis (4/11/2021).

"Dengan hadirnya kapal HSC 32-02, diharapkan mampu meningkatkan daya gentar terhadap pelaku kejahatan penyelundupan yang secara tidak langsung akan menekan niat dan mereduksi aktivitas penyelundupan," tambahnya.

Baca: Deputi BP Batam Ditetapkan sebagai Tersangka Korupsi Perum Perikanan Indonesia

Dia juga menyatakan apresiasinya yang tinggi terhadap keberhasilan dari PT Palindo dalam membangun HSC ini yang merupakan wujud kemampuan industri maritim dalam negeri, terhadap keamanan maritim nasional.

"Saya berharap kedepan kerja sama terus dapat berjalan dan PT Palindo Marine Shipyard terus dapat meningkatkan kapasitas dan kapabilitas dalam penyediaan sarana patroli," pungkas Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia.
(hsk)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1548 seconds (11.252#12.26)