Vaksin Sinovac Dinilai Aman untuk Anak Usia 6-11 Tahun

Selasa, 02 November 2021 - 16:38 WIB
loading...
Vaksin Sinovac Dinilai Aman untuk Anak Usia 6-11 Tahun
Vaksin jenis Sinovac sudah diizinkan untuk penggunaan anak usia 6-11 tahun. Foto: Sindonews/dok
A A A
JAKARTA - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), dinilai aman dan sudah mengizinkan vaksin Sinovac diberikan kepada anak 6-11 tahun.

"Alhamdulillah, hari ini kami (kemarin) umumkan telah diterbitkannya izin penggunaan vaksin Covid-19 dari vaksin Sinovac untuk anak 6 hingga 11 tahun," kata Kepala Penny K Lukito di konferensi pers virtual



Menurut Penny, izin penggunaan keluar hari ini, Senin (1/11/2021). Vaksinasi anak menjadi sesuatu yang urgent apalagi pembelajaran tatap muka sudah dimulai. Ini juga sudah sesuai dengan arahan dari para ahli.

"Segmen usia anak itu penting, makanya mereka perlu mendapatkan vaksinasi. Di bawah 6 tahun perlu dilengkapi lagi datanya karena kalau di bawah 6 tahun penuh dengan kehati-hatian dalam mengeluarkan izin," tambahnya.

BPOM menerangkan, vaksin Sinovac dinyatakan aman untuk vaksinasi usia anak 6-11 tahun dilihat dari hasil uji klinis yang dilakukan selama ini. Dari sana diketahui bahwa keamanan dan khasiat vaksin dinilai baik.

"Vaksin Sinovac aman untuk anak 6-11 tahun. Poin lain yang perlu kami sampaikan, aspek imunogenisitas dari pemberian vaksin terlihat terbentuk antibodi netralisasi pada tubuh anak. Artinya antibodi terbentuk dengan cukup baik pada tubuh anak," ujar Penny.

"Pada pengamatan 28 hari paska dosis kedua, antibodi pada tubuh anak terbentuk nyaris 100%. Dosis 600 mL memperlihatkan pembentukan antibodi yang lebih banyak dibandingkan dengan dosis 300 mL," lanjutnya.



Dengan keluarnya izin dari BPOM ini, artinya anak-anak sudah bisa mendapatkan vaksin Covid-19 dengan merek Sinovac. Tentu, pemeriksaan secara khusus diperlukan pada kondisi anak dengan riwayat penyakit tertentu untuk meminimalisir risiko yang mungkin saja terjadi.

Vaksinasi untuk anak 6-11 tahun ini menjadi awal dari rangkaian program vaksinasi anak di Indonesia. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin sendiri menargetkan vaksin Sinopharm dan Pfizer juga bisa digunakan sebagai vaksin Covid-19 untuk anak-anak.
(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2547 seconds (0.1#10.140)