Hari Ini Tepat di Selasa Kliwon Sukmawati Soekarnoputri Ucap Sumpah Memeluk Hindu

Selasa, 26 Oktober 2021 - 08:45 WIB
Hari Ini Tepat di Selasa Kliwon Sukmawati Soekarnoputri Ucap Sumpah Memeluk Hindu
Bale Gede, tempat Sukmawati Soekarnoputri akan mengucapkan sumpah memeluk Hindu. Foto/SINDonews/Miftahul Chusna
A A A
DENPASAR - Ritual pindah agama dari Islam ke Hindu, dijalani Sukmawati Soekarnoputri tepat di hari Selasa Kliwon (26/10/2021). Dalam pelaksanaan ritual itu, dia akan mengucapkan sumpah memeluk Hindu.

Baca juga: Sehari Sebelum Pindah Agama Hindu, Sukmawati Soekarnoputri Jalani Ruwatan di Pantai Lovina

Ritual digelar kediaman Ida Ayu Nyoman Rai Srimben di Bale Agung, Singaraja, Buleleng. Srimben adalah nenek Sukmawati atau ibu dari presiden pertama Indonesia, Soekarno.





Penglingsir Bale Agung, Jro Made Arsana mengatakan, seluruh persiapan upacara Sudhi Wadani sudah dilakukan. "Semua sudah sesuai usunan acara," katanya.

Baca juga: Berpusat di Darat, Getaran Gempa di Selasa Kliwon Kagetkan Warga Jogjakarta

Dia menjelaskan, rangkaian upacara akan dimulai pukul 09.30 WITA. Diawali dengan pengucapan sumpah yang berlangsung di Bale Sangkepan Pasek Bale Agung.

Sumpah diucapkan Sukmawati dihadapan pengurus Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) dan disaksikan sejumlah saksi. Putri proklamator itu lalu menandatangani sumpah yang tadi dia ucapkan.

Sukmawati selanjutnya akan menjalani metatah atau potong gigi. Tentu bukan dipotong sampai habis, melainkan cuma dikikir agar rapi.

Baca juga: Sadis! Begini Cara Kapolres Nunukan yang Dicopot Kapolda Hajar Anggotanya di Depan Anak Kecil

Metatah akan dilangsungkan di Bale Gede. "Tempat ini dulunya merupakan rumah asli Srimben, ayah Soekarno tinggal dari kecil sampai gadis," ungkap Arsana.

Di prosesi terakhir, Sukmawati lalu bersembahyang di pura merajan dadia yang merupakan pura keluarga besar Bale Agung. "Sampai di sini Sudha Wadani selesai. Tugas kami sampai di situ saja," pungkas Arsana.
(eyt)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1823 seconds (10.101#12.26)