Sandiaga Dorong Museum Batik Danar Hadi Jadi Destinasi Wisata Utama di Solo

Senin, 25 Oktober 2021 - 21:11 WIB
loading...
Sandiaga Dorong Museum Batik Danar Hadi Jadi Destinasi Wisata Utama di Solo
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mendorong Museum Batik Danar Hadi dapat menjadi destinasi wisata utama di Kota Solo, Jawa Tengah. (Ist)
A A A
SOLO - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mendorong Museum Batik Danar Hadi dapat menjadi destinasi wisata utama di Kota Solo, Jawa Tengah.

Dengan begitu, Sandiaga yakin, pemulihan kondisi ekonomi di Solo bisa dipercepat, baik saat pandemi seperti saat ini maupun setelahnya.

"Kami ingin Museum Batik Danar Hadi menjadi tempat utama kunjungan wisatawan pasca-pandemi maupun di tengah-tengah pandemi dengan protokol kesehatan," kata Sandiaga dalam keterangan resminya, Sabtu (23/10/2021).

Tak hanya demi percepatan ekonomi, Sandiaga pun berharap pencanangan Museum Batik Danar Hadi sebagai objek wisata utama akan berpengaruh pada pelestarian batik lokal.

"Kami ingin selamatkan lapangan kerja sekaligus lestarikan batik. Karena kami melihat Museum Batik Danar Hadi bergantung pada alur wisatawan dan Solo ini menjadi salah satu kota yang sangat mengandalkan pariwisata," terang mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu.

Sandiaga menilai, Museum Batik Danar Hadi memiliki daya tarik tersendiri sebagai objek wisata, mengingat di dalamnya terdapat warisan budaya yang sarat edukasi bagi pengunjung. Baca: Polisi Buru Penyebar Hoaks Gempa Salatiga-Semarang Timbulkan Korban Jiwa.

"Saya sangat kagum dan ini merupakan pesan yang sangat mendalam, di mana kita bisa melihat wisata berbasis heritage. Mulai dari melihat batik kearifan lokal dan pelestariannya juga," ungkapnya.

Agar operasional Museum Batik Danar Hadi tak mengganggu penanganan Covid-19, Sandiaga juga meminta pengelola untuk menggunakan aplikasi PeduliLindungi sebagai sistem skrining terhadap pengunjung dan pegawainya. Baca Juga: 4 Remaja Kediri Terseret Arus Sungai, 1 Korban Tewas sempat Teriak Tolong.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4335 seconds (0.1#10.140)