Peringati Hari Santri, Ketua Golkar Jatim: Momentum Teladani Perjuangan Hasyim Asy'ari

Sabtu, 23 Oktober 2021 - 02:29 WIB
loading...
Peringati Hari Santri, Ketua Golkar Jatim: Momentum Teladani Perjuangan Hasyim Asyari
Jajaran pengurus DPD Partai Golkar Jawa Timur (Jatim) berziarah ke Makam Hadratussyaikh KH. Hasyim Asyari dan KH. Abdurrahman Wahid di Komplek Pesarean Pondok Pesantren Tebu Ireng, Jombang.Foto/ist
A A A
SURABAYA - Jajaran pengurus DPD Partai Golkar Jawa Timur (Jatim) berziarah ke Makam Hadratussyaikh KH. Hasyim Asy'ari dan KH. Abdurrahman Wahid di Komplek Pesarean Pondok Pesantren Tebu Ireng Jombang. Kegiatan ini merupakan bagian dari peringatan Hari Santri 22 Oktober 2021.

Ketua DPD Golkar Jatim M. Sarmuji mengungkapkan, hari santri merupakan momen yang sangat tepat untuk meneladani semangat juang KH. Hasyim Asyari. “Hadratus syaikh bukan hanya sekedar pengasuh pondok pesantren tetapi beliau adalah penggerak sekaligus sumber inspirasi perjuangan masyarakat Indonesia dalam kemerdekaan Indonesia,” ungkap Sarmuji, Jumat (22/10/2021).

Baca juga: Tepat di Usia 70 Tahun Sukmawati Soekarnoputri Jalani Ritual Pindah Agama dari Islam ke Hindu

Anggota DPR RI Dapil VI Jatim tersebut menilai bahwa Resolusi Jihad yang dikeluarkan pada 22 Oktober 1945 oleh KH. Hasyim Asyari mampu memompa semangat persatuan seluruh anak bangsa.

“Waktu dikeluarkannya Resolusi Jihad yang saat ini kita kenal dengan momen hari santri mampu menumbuhkan persatuan dan kerjasama seluruh elemen anak bangsa sehingga terjadilah pertempuran di berbagai daerah dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia,” kata Sarmuji

Setali tiga uang, KH. Abdurrahman Wahid juga memiliki medan perjuangan sendiri. Di saat politik identitas begitu gencar muncul di permukaan, Gus Dur panggilan KH Abdurrahman Wahid mampu mengelola perbedaan dan merangkul semua golongan masyarakat.

"Dua tokoh beda generasi beda zaman ini telah memberi warna besar bagi perjalanan sebuah bangsa yaitu Indonesia tercinta," terangnya.

Sehari sebelumnya, tepatnya Kamis (21/10/2021) malam, DPD Golkar Jatim juga menggelar “Golkar Jatim Bersholawat” di Gedung Golkar Jalan A. Yani Surabaya. Acara ini menghadirkan Habib Muhsin Al Hamid, dengan iringan musik rebana. Lalu diakhiri dengan do’a oleh KH. Agoes Ali Masyhuri dari, Tulangan Sidoarjo. Kegiatan tersebut untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW dan memperingati Hari Santri tahun 2021.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7235 seconds (0.1#10.140)