Dampaknya Mengerikan, OJK Regional 2 Jawa Barat Blokir Ribuan Pinjol Ilegal

Selasa, 19 Oktober 2021 - 09:03 WIB
loading...
Dampaknya Mengerikan, OJK Regional 2 Jawa Barat Blokir Ribuan Pinjol Ilegal
Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 2 Jawa Barat, memblokir ribuan perusahaan aplikasi pinjaman online (Pinjol) ilegal. Foto/iNews TV/Ervan David
A A A
BANDUNG - Kehadiran pinjaman online (Pinjol) ilegal yang meresahkan warga, dan banyaknya aduan masalah. Membuat Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 2 Jawa Barat, mengambil langkah tegas, dengan memblokir ribuan perusahaan aplikasi pinjol ilegal.



Hingga saat ini, sudah ada 3.856 aplikasi pinjol ilegal yang sudah di blokir oleh OJK Regional 2 Jawa Barat. Sementara untuk perusahaan aplikasi pinjol yang terdaftar resmi di OJK hanya sebanyak 106 perusahaan.



Kepala OJK Regional 2 Jawa Barat, Indarto Budiwitono menyebutkan, selama Januari-Oktober 2021, tercatat sudah ada 1.700 an pengaduan dari masyarakat ke OJK terkait masalah pinjol ilegal. "Kami juga telah memblokir 3.856 aplikasi pijol ilegal, " tegasnya.



Dia mengimbau masyarakat tetap waspada dengan berbagai modus pelaku pinjol ilegal. Hal ini dikarenakan, banyak temuan aplikasi pinjol ilegal yang menduplikasi logo OJK, sehingga seolah-olah pinjol ilegal tersebut telah mendapat izin resmi dari OJK.

Kondisi ini, menurut Indarto wajib untuk diwaspadai agar masyarakat tidak terjerat permainan kotor pinjol ilegal. "Menindaklanjuti duplikasi logo OJK tersebut, kami juga akan terus berkoordinasi dengan kepolisian dan Kemenkominfo," tegasnya, Selasa (19/10/2021).



Bagi masyarakat yang ingin melakukan pengaduan terkait masalah pinjol ilegal, menurutnya OJK memberikan layanan khusus melalui call center ke 157. Di samping itu, masyarakat juga diimbau agar tidak sembarangan mengajukan pinjaman secara online.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1885 seconds (0.1#10.140)