Pasien Katarak di Ciamis Dapat Layanan Operasi Gratis

Senin, 18 Oktober 2021 - 22:59 WIB
loading...
Pasien Katarak di Ciamis Dapat Layanan Operasi Gratis
Pasien katarak di Ciamis mendapat layanan operasi katarak gratis. Operasi katarak gratis ini diselenggarakan di Rumah Sakit Dadi Keluarga Ciamis, dari tanggal 18-20 Oktober 2021. Foto ist
A A A
CIAMIS - Pasien katarak di Ciamis mendapat layanan operasi katarak gratis. Operasi katarak gratis, kerja sama BCA dan Seksi Penanggulangan Buta Katarak (SPBK) Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami) Pusat ini diselenggarakan di Rumah Sakit Dadi Keluarga Ciamis, dari tanggal 18-20 Oktober 2021.

Inge Setiawati selaku EVP CSR BCA mengatakan, operasi katarak dilakukan pihaknya untuk membantu pasien katarak, khususnya yang berada di Ciamis. "Tahun ini kami menargetkan 150 pasien akan dioperasi katarak melalui penyelenggaraan kegiatan bakti sosial ini,” ungkap Inge, Senin (18/10/2021).

Berdasarkan Rapid Assessment of Avoidable Blindness (RAAB), angka kebutaan di Indonesia mencapai 3 persen dan sebanyak 81 persen disebabkan oleh katarak. Menurut Inge, katarak tidak boleh dianggap remeh, perlu tindakan pencegahan dan penanggulangan yang serius agar angka kebutaan di Indonesia pun tidak meningkat.

“Kami tentu mendukung penuh gerakan bebas katarak bagi masyarakat di Indonesia. Kami berharap aksi ini dapat memberikan nilai positif dan mengajak seluruh lini dan masyarakat agar bahu membahu dalam membantu sesama yang membutuhkan,” tutup Inge. Baca juga:

Kepala KCU Tasikmalaya Hendri Darmin berharap kegiatan operasi katarak gratis dapat diselenggarakan diberbagai wilayah lain di Tanah Air. "Operasi katarak ini merupakan kegiatan yang mulia dan memberikan harapan bagi banyak warga Ciamis yang terhalang biaya untuk melakukan operasi," ujarnya.

Hadir juga dalam operasi katarak gratis ini antara lain Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis H. Yoyo M.M.Kes, Direktur RS Dadi Keluarga Ciamis dr Muhamad Ikbal, dan pengurus dari Perdami Pusat dan Perdami Jabar.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 2.3049 seconds (0.1#10.140)