Gempa Sesar Lembang 6,8 SR Mengancam, BMKG: Bandung, Cimahi dan Purwakarta Paling Terdampak

Senin, 18 Oktober 2021 - 19:33 WIB
loading...
Gempa Sesar Lembang 6,8 SR Mengancam, BMKG: Bandung, Cimahi dan Purwakarta Paling Terdampak
BMKG Stasiun Bandung merilis ancaman Sesar Lembang bisa menyebabkan gempa bumi hingga 6,8 SR dan lima daerah paling terdampak. Foto/Ilustrasi/Dok.SINDOnews
A A A
BANDUNG - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Bandung membuat skenario jika Sesar Lembang menyebabkan gempa bumi dengan 6,8skala richter (SR) berdasarkan Data Pusgen 2017. Kendati belum ada teknologi yang bisa memprediksi kapan bencana tersebut akan terjadi, namun warga diminta melakukan mitigasi sejak dini.

Kepala BMKG Stasiun Bandung Teguh Rahayu menjelaskan,berdasarkan skenario jika terjadi gempa bumi akibat pergerakan Sesar Lembang dengan 6,8 SR ada lima wilayah yang berpotensi paling terdampak. Kelima daerah itu adalah Kabupaten Bandung Barat, Kota Cimahi, Kota Bandung, Kabupaten Bandung, serta Kabupaten Purwakarta.



"Wilayah Bandung Barat, Kota Cimahi, Kota Bandung, Bandung, dan Purwakarta diprediksi akan mengalami guncangan skala VI-VII atau dampaknya kerusakan sedang," jelas Teguh, Senin (18/10/2021).

Untuk lima daerah tersebut diperkirakan akan banyak kecamatan yang mengalami dampak gempa bumi. Di Kabupaten Bandung Barat misalnya, diprediksi ada delapan kecamatan yang akan mengalami dampak kerusakan sedang skala VI hingga VII. Delapan kecamatan itu adalah Kecamatan Cisarua, Lembang, Ngamprah, Parongpong, Batujajar, Cikalong Wetan, Padalarang, dan Saguling.

Sedangkan untuk wilayah Kecamatan Cipendeuy, Cihampelas, Cililin, Cipatat, Cipongkor, Gununghalu, Rongga, Sindangkerta memiliki potensi terdampak sebesar V-VI MMI (Kerusakan Ringan).

Di Kota Cimahi, gempa Sesar Lembang diprediksi bakal berdampak terhadap seluruh kecamatan, yaitu Kecamatan Cimahi Utara, Cimahi Tengah, Cimahi Selatan.

"Potensi dampak gempa diprediksi sebesar VI-VII MMI atau megalami kerusakan sedang," jelas dia.



Sementara di Kota Bandung, hampir seluruh kecamatan (30 kecamatan) akan terdampak gempa tersebut, namun dnegan skala V-VI MMI atau potensi terjadi kerusakan ringan.

Dia menjelaskan, 30 Kecamatan itu adalah Andir, Cibeunying Kaler, Cibiru, Cicendo, Cidadap, Coblong, Mandalajati, Sukajadi, Sukasari, Ujungberung, Astana Anyar, Antapani, Arcamanik, Babakan Ciparay, Bandung Kidul, Bandung Kulon, Bandung Wetan, Batununggal, Bojongloa Kaler, Bojongloa Kidul, Buah batu, Cibeunying Kidul, Cinambo, Gedebage, Kiaracondong, Lengkong, Panyileukan, Rancasari, Regol, dan Sumur Bandung.

Di Kabupaten Bandung, dampak gempa akan terasa di Kecamatan Cimenyan, Cilengkrang, Cileunyi, Bojongsoan, Margahayu, Margaasih, Katapang, Dayeuh kolot, Pameungpeuk, serta Rancaekek dengan potensi terdampak sebesar VI-VII MMI (Kerusakan Sedang).

Sedangkan untuk wilayah Kecamatan Arjasari, Ciparay, Bale Endah, Majalaya, Solokan Jeruk, Soreang, Ciwidey, Cangkuang, Banjaran, Pangalengan, Cimaung, Cicalengka, Cikancung, Nagrek, Pacet, Kertasarih, Paseh, Ibun, Pasir Jambu, dan Rancabali memiliki potensi terdampak sebesar V-VI MMI (Kerusakan Ringan)

Sementara di Kabupaten Purwakarta, wilayah di Kecamatan Wanayasa, Bojong, dan Darangdan dengan potensi terdampak sebesar VI-VII MMI (Kerusakan Sedang).

Sedangkan untuk wilayah Kecamatan Kiarapedes, Cibatu, Bungursari, Purwakarta, Maniis, Tegalwaru, Babakancikao, Pasawahan, Pondoksalam, Plered, Sukatani, Jatiluhur, Campaka, Sukasari memiliki potensi terdampak sebesar V-VI MMI (Kerusakan Ringan).

Kendati begitu, jika gempa sesar Lembang terjadi 6,8 SR, diprediksi akan terasa di beberapa daerah lainnya. Wilayah tersebut yaitu Sumedang, Subang, Karawang, Indramayu, Cianjur pada skala V-VI (Kerusakan ringan).

Kemudian Kota Sukabumi, Bekasi, Kota Bekasi, Kota Depok, Sukabumi, Bogor, Garut, Tasikmalaya, Majalengka, Cirebon akan terasa pada skala IV-V, namun berpotensi terjadi kerusakan ringan.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2408 seconds (0.1#10.140)