Hadapi Kunjungan Wisman, Pemprov Kepri Minta Bandara Hang Nadim Siapkan TCM

Senin, 18 Oktober 2021 - 00:38 WIB
Hadapi Kunjungan Wisman, Pemprov Kepri Minta Bandara Hang Nadim Siapkan TCM
Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kepulauan Riau, Junaidi. Foto/Ist.
A A A
BATAM - Menghadapi kunjungan wisatawan mancanegara (Wisman) ke Batam, dan Bintan, karena adanya program travel buble di Kepulauan Riau (Kepri). Maka dibutuhkan berbagai kesiapan di bandara, dan pelabuhan yang menjadi akses utama keluar dan masuknya wisman.

Baca juga: Tak Pernah Tunda Pelaksanaan Travel Bubble, Gubernur: Kepri Siap Terima Wisman

Adapun kesiapan Kepri, dalam menyambut wisman yang di putuskan oleh Satgas COVID-19, diantaranya adalah Bandara Hang Nadim Batam yang ditunjuk untuk melakukan pelayanan wisman dan Pekerja Migran Indonesia (PMI); Pelabuhan Laut Nongsa Batam, untuk wisman dan PMI; Pelabuhan Batam Centre melayani PMI; dan Pelabuhan BBT Lagoi melayani Wisman.



Pemprov Kepri, melalui Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kepri, Junaidi meminta agar semua manajemen bandara dan pelabuhan yang ditunjuk, segera menyiapkan segala kesiapan supaya bisa segera menerima kedatangan wisman.

Baca juga: Sempat Kabur, Kadis PUPR Musi Banyuasin Ditangkap KPK di Rumah Ibadah



Adapun yang harus disiapkan, adalah terkait alat-alat penunjang protokol kesehatan seperti alat Tes Cepat Melekurel (TCM) sebagai pengganti PCR. Jika PCR hasilnya harus menunggu hingga delapan jam, maka dengan TCM akan diketahui hasilnya hanya dalam waktu satu jam. Alat ini diminta harus segera disiapkan disetiap bandara dan pelabuhan yang telah ditunjuk.

"Untuk Bandara RHF Tanjungpinang, pada dasarnya sudah siap melayani, namun untuk sementara fokus di Hang Nadim Batam. Kita akan evaluasi, jika ternyata wisman yang datang lewat Hang Nadim membludak barulah RHF kita fungsikan," kata Junaidi.

Namun Junaidi menyayangkan, ternyata di Bandara Hang Nadim sampai saat ini belum menyediakan alat TCM yang diperlukan. Padahal hal tersebut menjadi syarat penting untuk program dibukanya travel bubble ini.
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1457 seconds (10.55#12.26)