PT KAI Operasikan Kereta Api Barang dari Stasiun Indro Gresik Menuju Jakarta

Sabtu, 16 Oktober 2021 - 08:02 WIB
loading...
PT KAI Operasikan Kereta Api Barang dari Stasiun Indro Gresik Menuju Jakarta
PT KAI Daop 8 Surabaya terus meningkatkan angkutan barang di Jatim dengan membuka rute perjalanan kereta api barang dari Stasiun Indro Kabupaten Gresik menuju Stasiun Pasoso Jakarta. Foto SINDOnews
A A A
SURABAYA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 8 Surabaya terus meningkatkan angkutan barang di Jawa Timur (Jatim) dengan membuka rute perjalanan kereta api barang dari Stasiun Indro Kabupaten Gresik menuju Stasiun Pasoso Jakarta.

Direktur Niaga PT KAI, Dadan Rudiansyah mengatakan, angkutan barang petikemas relasi Stasiun Indro ke Stasiun Pasoso Jakarta ini diberi nama 'Imdopriuk Cargo'. Angkutan barang ini akan menempuh perjalanan kurang lebih 797.9 kilometer (km) dengan waktu tempuh sekitar 14 jam.

Rangkaian KA Barang ini sebanyak 30 gerbong datar bermuatan multikomoditi dengan berat 1200 ton. "Launching angkutan barang ini merupakan tindak lanjut perjanjian kerja sama angkutan barang antara PT KAI dengan PT Damar Alam Selaras (DAS)," kata Dadan, Jumat (15/10/2021).

Target angkutan barang ini untuk tiga bulan pertama akan mengangkut 650 teus. Selanjutnya akan mengangkut 750 teus. "Mengingat Gresik ini merupakan kota industri, maka harapan ke depan, angkutan bisa minimum mencapai 1.550 teus per bulan," tandas Dadan.

Diketahui, hingga Oktober 2021, PT KAI Daop 8 telah menggangkut 1.717.074 ton barang dan melakukan pengiriman ke Jakarta, Bandung dan kota besar lainnya. Jenis angkutan barang yang saat ini dilayani PT KAI di antaranya angkutan BBM, Semen, kontainer/petikemas, retail yang dilayani di Stasiun Kalimas, Benteng, Pasarturi, Malang, dan Surabaya Kota.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3075 seconds (0.1#10.140)