Kisah Ritual Mistis dan Semedi Presiden Soeharto di Gunung Selok

Sabtu, 16 Oktober 2021 - 05:00 WIB
loading...
Kisah Ritual Mistis dan Semedi Presiden Soeharto di Gunung Selok
Ritual mistis dan semedi konon sering dijalani mantan Presiden Soeharto. Salah satu lokasi yang disebut-sebut sering didatangi yakni di Gunung Selok, Cilacap. Foto/YouTube @HM Soeharto
A A A
Ritual mistis dan semedi konon sering dijalani mantan Presiden Soeharto semasa hidupnya. Salah satu lokasi yang disebut-sebut sering dipakai untuk menggelar ritual yakni di Gunung Selok, Cilacap, Jawa Tengah.

Gunung Selok, tempat yang sering didatangi Presiden Soeharto untuk melakukan ritual mistis dan semedi masuk wilayah Desa Karangbenda, Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap.



Ada tiga tempat di Gunung Selok yang menjadi lokasi tempat untuk mendapatkan petunjuk spiritual Presiden Soeharto. Ketiga lokasi itu adalah Jampe Pitu, Jampe Lima dan Goa Rahayu.

Kisah Ritual Mistis dan Semedi Presiden Soeharto di Gunung Selok

Foto/Ist

Suatu saat dikisahkan Presiden Soeharto yang saat itu menjadi Presiden Republik Indonesia selama 31 tahun, yakni sejak 1967 hingga 1998 datang dengan menaiki helikopter.

Helikopter mendarat di sekitar Gunung Selok. Sosok yang lahir di Kemusuk, Argomulyo, Bantul, DIY itu lantas bergerak menuju ke Jampe Pitu. Sejenak kemudian ritual mistis pun dilaksanakan.



Di Jampe Pitu, sosok Presiden yang di dunia internasional terkenal dengan sebutan The Smilling General itu melakukan semedi, menyepi, dan berkonsentrasi penuh memohon pada Yang Maha Kuasa.

Konon biasanya, Soeharto melakukan ritual mistis dan semedi meminta petunjuk kepada Yang Maha Kuasa di Jambe Pitu pada bulan Suro. Dalam penanggalan Jawa, bulan Suro sering dianggap bulan yang keramat dan sakral.

Laku spiritual di Jambe Pitu dilaksanakan di Sanggar Pamujan, Sanggar Palereman Kakung, Sanggar Palereman Putri, dan Sanggar Supersemar.

Selanjutnya saat mendapat pawisik atau petunjuk ghaib, maka laku spiritual dilanjutkan ke lokasi Jambe Lima serta Goa Rahayu.

Suasana gelap di dalam Gua Rahayu konon bakal mengingatkan seseorang akan kematian. Dengan demikian dalam laku ritual yang dijalani bisa mengingat untuk berbuat baik dalam kehidupan.

Ritual dilanjutkan lagi ke dalam Goa Nagaraja yang konon memiliki banyak makanan dan benda. Dikisahkan makanan dan benda yang tersedia di bisa diambil sesuai dengan keinginan yang menjalani laku spiritual. Prosesi ritual selanjutnya, orang yang menjalani ritual mistis menghadap ke arah Laut Selatan Pulau Jawa.

Selain itu ada ritual berendam di aliran sungai yang deras. Ritual yang sering disebut Kungkum (berendam) ini konon sudah lama dilakukan Soeharto.

Bagi sebagian masyarakat, kepercayaan akan ritual mistis, spiritual dan lelaku hingga semedi masih kuat melekat. Karena itu tak hanya mantan Presiden Soeharto, namun banyak orang yang rela menjalani dengan tujuan dan maksud tertentu.

Mereka melaksanakan prosesi ritual bisa jadi ingin naik pangkat atau ingin mendapatkan keuntungan berlimpah dalam hal ekonomi, kekayaan, jabatan dan lain-lain.

Sumber: Arwan Tuti Artha: Dunia Spiritual Soeharto
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2196 seconds (0.1#10.140)