HKTI Jabar: Produksi Pertanian Meningkat, Kesejahteraan Petani Jalan di Tempat

Kamis, 07 Oktober 2021 - 16:02 WIB
loading...
HKTI Jabar: Produksi Pertanian Meningkat, Kesejahteraan Petani Jalan di Tempat
HKTI menyayangkan tidak seimbangnya antara produksi pertanian yang terus digenjot dan kesjehteraan petani. Buktinya, hingga kini kesejahteraan petani jalan di tempat.
A A A
BANDUNG - Himpunan Kelompok Tani Indonesia (HKTI) menyayangkan tidak seimbangnya antara produksi pertanian yang terus digenjot dan kesjehteraan petani . Buktinya, hingga kini kesejahteraan petani jalan di tempat.

"Kita sangat miris, produksi pertanian terus meningkat, tetapi kesejahteraan petani jalan di tempat. Kita tahu nilai tukar petani naik turun, terakhir naik 5 poin, tapi apalah artinya bagi kami petani di lapangan. Tidak terasa adanya peningkatan kesejahteraan," kata Ketua Harian HKTI Jabar Entang Sastraatmadja pada diskusi BPS, Kamis (7/10/2021).

Menurut dia, membangun pertanian, mestinya tidak melupakan aspek kesejahteraan. Membangun pertanian, jangan hanya soal meningkatkan produksi dan kualitas. Tetapi dipikirkan juga cara meningkatkan kesejahteraan petani.

"Pertanyaannya kan, kenapa selama ini pemerintah tidak pernah berani membuat target NTP, misalnya di atas 115 persen. Kalau bisa 115, ini akan berdampak terhadap kesejahteraan kami para petani ," beber dia.

Menurut Entang, meningkatkan produksi hanya salah satu cara mendorong sektor pertanian. Banyak cara lain yang bisa dilakukan seperti membuat stabilitas harga pertanian. Itu bisa menjadi tanggung jawab Kemendag dan kementerian lainya seperti UMKM, PUPR, dan lainnya. "Ini yang dimaksud membangun petani," tegas dia.

Dia pun berharap, BPS bisa membuat metode penghitungan kesejahteraan petani dengan metode yang lebih baik. NTP dinilai metode lama dan belum menggambarkan kesejahteraan petani secara umum.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1834 seconds (0.1#10.140)