alexametrics

198 Calhaj asal Salatiga Batal ke Tanah Suci Tahun Ini

loading...
198 Calhaj asal Salatiga Batal ke Tanah Suci Tahun Ini
Sebanyak 198 calon jamaah haji (calhaj) asal Kota Salatiga batal berangkat ke Tanah Suci. FOTO/DOK.SINDOphoto
A+ A-
SALATIGA - Sebanyak 198 calon jamaah haji (calhaj) asal Kota Salatiga batal berangkat ke Tanah Suci. Kementerian Agama memutuskan tahun ini tidak memberangkatkan jamaah haji ke Arab Saudi lantaran pandemi COVID-19 belum berakhir.

Kepala Kantor Kemenag Kota Salatiga Nuruddin mengatakan, pemerintah pada 2020 ini memutuskan tidak memberangkatkan calon jamaah haji lantaran pemerintah Arab Saudi belum bisa memberikan kepastian pelaksanaan ibadah haji akibat pandemi COVID-19.

"Imbasnya sebanyak 198 orang jamaah haji yang terdaftar di Kemenag Salatiga tidak berangkat ke Tanah Suci Mekkah," katanya saat dihubungi wartawan, Selasa (2/6/2020).(Baca juga: Pemerintah Indonesia Tak Berangkatkan Jamaah Haji Tahun Ini)



Menurut Nuruddin, calon jamaah haji, baik reguler maupun khusus, yang telah melunasi biaya perjalanan ibadah haji (BPIH) pada penyelenggaraan haji 1441 H/2020, otomatis terdaftar menjadi jamaah haji tahun depan. Setoran pelunasan BPIH akan disimpan dan dikelola secara terpisah oleh Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH).

"Nilai manfaat hasilnya sepenuhnya menjadi hak calon jamaah haji. Itu akan diberikan kepada calon jamaah haji paling lambat 30 hari sebelum pemberangkatan kelompok terbang pertama ibadah haji 2021," katanya.

Lebih jauh dia mengatakan, baik jamaah haji reguler maupun khusus, apabila ingin mengambil kembali setoran pelunasan haji dapat mengajukan permohonan ke Kantor Kemenag Kota Salatiga. "Tentunya dengan menyertakan bukti asli setoran lunas," katanya.(Baca juga: Jamaah Bisa Minta Kembali Setoran Pelunasan Biaya Haji)
(nun)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak