Musim Pancaroba, Dinkes Maros Ingatkan Warga Jaga Daya Tahan Tubuh

Selasa, 05 Oktober 2021 - 20:39 WIB
loading...
Musim Pancaroba, Dinkes Maros Ingatkan Warga Jaga Daya Tahan Tubuh
Ilustrasi. Foto: SINDOnews/Dok
A A A
MAROS - Memasuki pancaroba atau peralihan dari musim kemarau ke hujan, warga di Kabupaten Maros diimbau menjaga daya tahan tubuh serta kesehatan lingkungan. Sehingga tubuh tak mudah terserang penyakit yang biasanya muncul di musim peralihan.

Imbauan itu disampaikan Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Maros , dr Muhammad Yunus. Menurutnya, untuk menjaga daya tahan tubuh, bisa dilakukan dengan asupan makanan yang sehat.

Baca juga: Musim Hujan Diprediksi Mulai November, Masyarakat Diminta Waspada

"Jadi penyakit yang kerap muncul saat musim pancaroba seperti sekarang itu di antaranya ISP, demam berdarah, thypoid dan diare. Nah itu yang harus dihindari," ungkapnya.

Olehnya itu dia mengimbau agar warga dan semua pihak untuk saling menjaga kebersihan, dimulai dari diri sendiri. Selain itu, kata dia, masyarakat juga diminta membiasakan 3 M yakni menguras, menutup dan menimbun tempat-tempat yang bisa digenangi air, agar nyamuk tidak bisa bertelur.

"Ini dilakukan untuk menghindari penyakit DBD. Sedangkan untuk diare sebaiknya jaga diri dengan rajin cuci tangan. Tapi saya rasa sekarang protokol kesehatan di kalangan warga juga sudah mulai bagus. Karena sejak Covid-19, selain mengenakan masker kita juga menjadi lebih peduli kesehatan dengan rajin mencuci tangan. Sehingga bisa terhindar, dari penyakit diare," jelas Kepala Puskesmas Bantimurung ini.

Baca juga: Sajian Kuliner ala Korea Kini Hadir di Kabupaten Maros

Pihak Dinkes Maros kata Yunus, juga sudah mengimbau tiap puskesmas untuk segera turun melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkat musim pancaroba ini.

"Di Puskesmas kan memang ada program kesehatan lingkungan (keskel) nah kita sudah imbau agar pihak puskesmas sudah mulai turun sosialisasi," ungkapnya.
(luq)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3533 seconds (11.210#12.26)