BPIP Kukuhkan Purna Paskibraka Babel Menjadi Duta Pancasila

Senin, 04 Oktober 2021 - 16:36 WIB
loading...
BPIP Kukuhkan Purna Paskibraka Babel Menjadi Duta Pancasila
Penetapan dan pengukuhan Paskibraka Babel pada 2021 ini sebagai Duta Pancasila bermakna untuk memegang teguh terhadap Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945 (UUD 1945), negara kesatuan Republik Indonesia dan Bhineka Tunggal Ika.
A A A
PANGKALPINANG - Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) mengukuhkan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Provinsi Bangka Belitung pada 2021 sebagai Purna Paskibraka Duta Pancasila dan Pengukuhan oleh Kepala Biro Hukum dan Organisasi BPIP Surahno itu juga diikuti seluruh anggota Purna Paskibraka dari 7 Kabupaten / Kota se Babel secara virtual yang dilaksanakan di Ruang Pasir Padi, Kantor Gubernur Babel, Jum’at (1/10/2021).

Kepala Biro Hukum dan Orgabisasi BPIP Surahno mengatakan, penetapan dan pengukuhan Paskibraka Babel pada 2021 ini sebagai Duta Pancasila bermakna untuk memegang teguh terhadap Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945 (UUD 1945), negara kesatuan Republik Indonesia dan Bhineka Tunggal Ika.

"Mereka kelak akan menjadi tauladan, harus mengutamakan Pancasila dalam berbagai aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan negara, dalam keseharian harus menanamkan nilai-nilai Pancasila dan cinta tanah air, negara kesatuan RI dari segala bidang," ujarnya.

Ia juga mengucapkan selamat kepada anggota Paskibraka Babel karena telah sukses menjalankan tugasnya sebagai Pasukan Pengibar Bendera Merah Putih pada Hari Ulang Tahun Republik Indonesia Ke-76 pada bulan Agustus yang lalu.

Dirinya berharap, Paskibraka 2021 ini kelak mampu menjadi generasi Duta Pancasila di masa kini dan masa yang akan datang.

“Saya berharap agar adik-adik Paskibraka 2021 ini bisa menjadi pelopor yang bisa diteladani generasi muda, sehingga dapat menjalankan tugas dan fungsinya serta bisa merawat Pancasila di masa yang akan datang, selamat melaksanakan tugas semoga kita semua diberikan kesehatan dan selalu dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa,” ucapnya.

Dalam kesempatan yang sama saat diwawancarai, Kepala Bidang (Kabid) Kepemudaan dan Kepramukaan Dinas Pariwisata Kebudayaan dan Kepemudaan Olahraga (Disparbudkepora) Babel Arwendi mengatakan, pengukuhan sebagai Purna Paskibraka Duta Pancasila tersebut merupakan implementasi Peraturan Presiden Nomor 13 Tahun 2021 tentang Pembinaan Ideologi Pancasila kepada generasi muda melalui program Paskibraka, dan peraturan BPIP Nomor 1 Tahun 2021 tentang pelaksanaan Perpres Nomor 13 tahun 2021 tentang Pembinaan Ideologi Pancasila kepada generasi muda melalui program Paskibraka.

"Ini beda dengan tahun sebelumnya, baru pada 2021 inilah diadakan pengukuhan dan penetapan Purna Paskibraka sebagai Duta Pancasila untuk anggota Paskibraka perwakilan Babel di tingkat Nasional sudah dikukuhkan sebelumnya." kata Arwendi.

Turut hadir dalam pengukuhan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Babel tahun 2021 sebagai Purna Paskibraka Duta Pancasila ini Asisten 3 Administrasi Umum Setda Babel Mulyono, Direktur Pengendalian BPIP Mukhammad Fahrurozi, Kadis Kesbangpol Babel Toni Batubara, Kabid Idelogi Wawasan Kebangsaan dan Karakter Bangsa Riza Aryani, Unsur Forkopimda Babel, Ketua Purna Paskibraka Indonesia Provinsi Babel Ferdiyan Hermawan Loebis serta Pimpinan Instansi Vertikal di lingkungan Pemerintah Provinsi Babel.

Diakhir kegiatan dilakukan penyematan pin oleh Kepala Biro Hukum dan Organisasi BPIP kepada anggota Purna Paskibraka yang telah dikukuhkan menjadi Duta Pancasila dan dilanjutkan dengan pemberian ucapan selamat. CM
(srf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2432 seconds (0.1#10.140)