Masyarakat Antusias Sambut Presiden Jokowi untuk Meresmikan PLBN Sota

Minggu, 03 Oktober 2021 - 02:39 WIB
loading...
Masyarakat Antusias Sambut Presiden Jokowi untuk Meresmikan PLBN Sota
Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Sota di Kabupaten Merauke, Provinsi Papua, siap diresmikan Presiden Joko Widodo. Foto/Ist.
A A A
MERAUKE - Presiden Joko Widodo (Jokowi), dijadwalkan akan meresmikan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Sota, di Kabupaten Merauke, Provinsi Papua, dalam kunjungan kerjanya untuk menghadiri pembukaan PON XX Papua 2021.

Baca juga: Dukung Gelaran PON Papua XX, Warganet Lambungkan #TorangBisa

PLBN Sota merupakan PLBN ke-8 yang dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan akan diresmikan Presiden Jokowi. PLBN Sota terlihat tengah berbenah menjelang peresmian yang akan dilakukan Presiden Jokowi. Masyarakat juga sangat antusias menyambut kedatangan Presiden Jokowi, di Kabupaten Merauke.



Sekretaris BNPP, Restuardy Daud menuturkan, bahwa PLBN Sota telah melakukan berbagai langkah persiapan pengoperasiannya, seperti simulasi pelayanan lintas batas dengan Custom, Immigration, Quarantine, Security (CIQS) pada 22 Januari 2020.

Baca juga: Ibu dan Anak Gadisnya Dibunuh Tanpa Busana, Polisi Bongkar Makam Lakukan Autopsi Ulang



Kegiatan sosialisasi pelayanan PLBN kepada Tokoh Masyarakat dan warga Distrik Sota juga telah dilaksanakan pada 30 Januari 2020. PLBN Sota mulai dikelola oleh BNPP ditandai dengan penugasan Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Bidang Pengelolaan PLBN Sota, pada 2 Februari 2021.

"Kami juga telah melaksanakan rapat persiapan PLBN Sota pada 20 Agustus 2021. Begitu juga dengan uji coba pelayanan lintas batas di PLBN Sota pada 1 September 2021. Kami sudah memastikan bahwa PLBN Sota memang sudah siap untuk diresmikan," ujar Restuardy, Sabtu (2/10/2021).

Baca juga: Mendadak Bongkar Kamar Tahanan Rutan Medaeng, Petugas Gabungan Temukan Barang Terlarang

Restuardy mengatakan, disela-sela Rapat Koordinasi Persiapan Kunjungan Presiden yang dilaksanakan di Kantor Bupati Merauke Jumat (1/10/2021), bahwa semua pihak yaitu unsur CIQ (Bea Cukai, Imigrasi, Karantina) di PLBN Sota telah siap memberikan layanan pelintasan antar negara. Tentunya hal ini juga akan menyesuaikan dengan kebijakan Pemerintah PNG dalam masa pandemi COVID-19 saat ini.
(eyt)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1591 seconds (10.177#12.26)