Tuntaskan Data Desa, Mendes PDTT Blusukan ke Jawa Barat

Sabtu, 02 Oktober 2021 - 05:20 WIB
loading...
Tuntaskan Data Desa, Mendes PDTT Blusukan ke Jawa Barat
Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar bertemu dengan Bupati Kuningan Acep Purnama di Kantor Bupati, Jumat (1/10). Foto/Ist
A A A
KUNINGAN - Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar terus blusukan ke Jawa Barat untuk menuntaskan data SDGs Desa. Data ini sangat vital dalam mempercepat penuntasan kemiskinan ekstrem di tanah air.

Blusukan dilakukan Gus Halim ke Kabupaten Bandung dan Pangandaran, dan Kuningan. Kedatangan Gus Halim disambut langsung oleh Bupati Kuningan Acep Purnama di Kantor Bupati.

"Kami terus berkeliling ke daerah-daerah yang menjadi kantong kemiskinan ekstrem. Dua hari ini kami berkeliling ke kabupaten-kabupaten di Jawa Barat yang wilayahnya terdapat warga dengan kategori miskin esktrem," ujar Gus Halim, Jumat (1/10/2021).



Mendes PDTT menjelaskan bahwa penuntasan data SDGs Desa tidak bisa jika hanya dipantau dari pusat. Tetapi harus dilihat secara langsung perkembangannya di lapangan. Jika data SDGs Desa tuntas, maka penanganan kemiskinan esktrem bakal bisa lebih cepat.

"Kami juga terus melakukan koordinasi dengan bupati atau kepala daerah untuk menjelaskan pentingnya data SDGs Desa bagi pengentasan kemiskinan ekstrem. Sehingga ada kesepahaman yang sama antara Kemendesa PDTT dengan para kepala daerah untuk mempercepat penuntasan kemiskinan ekstrem di wilayahnya," ujarnya.

Mantan Ketua DPRD Jawa Timur ini mengatakan, penangan kemiskinan ekstrem tidak bisa dilakukan jika masih ada ego sectoral antara pihak kementerian dengan kepala daerah. Pemerintah pusat dalam hal ini Kemendes PDTT butuh dukungan penuh dari para kepala daerah.



"Untuk support implementasi aksi penanganan warga miskin Ekstrem, serta monitoring keberlanjutan hasil capaian nol persen kemiskinan ekstrem, telah disiapkan aplikasi yang terhubung dari desa, kecamatan, kabupaten, provinsi, sampai pusat," katanya.

Mendes PDTT bersama Bupati Acep mengaku sudah sepakat untuk perkuat data desa berbasis SDGs yang diperkirakan bakal selesai dalam 10 hari ke depan. "Saya yakin Kabupaten Kuningan bakal segera selesaikan persoalan kemiskinan dengan berbasis SDGs," kata Gus Halim.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1671 seconds (0.1#10.140)