Naik Tingkat, Parepare Raih Kategori Utama Anugerah Parahita Ekapraya 2020

Kamis, 30 September 2021 - 13:17 WIB
loading...
Naik Tingkat, Parepare Raih Kategori Utama Anugerah Parahita Ekapraya 2020
Wali Kota Parepare HM Taufan Pawe resmi menerima piala penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) kategori Utama, pada Senin 27 September 2021.
A A A
PAREPARE - Wali Kota Parepare HM Taufan Pawe resmi menerima piala penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) 2020 kategori Utama, pada Senin 27 September 2021. Anugerah Parahita Ekapraya adalah penghargaan yang diberikan kepada kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah yang berkomitmen mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender melalui strategi pengarusutamaan gender (PUG).

Tahun ini Pemerintah Kota (Pemko) Parepare naik tingkat. Sebelumnya Pemko Parepare meraih kategori Madya, tahun ini menjadi kategori Utama. Kepastian itu berdasarkan Surat Keputusan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) Nomor 66 Tahun 2021 tentang Penerimaan Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya Tahun 2020 Kategori Utama.

Sebelumnya, Bappeda Kota Parepare selaku Ketua Pokja Pengarusutamaan Gender Parepare, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Parepare Andi Rusia, Kepala Bidang Kesetaraan Gender, dan Sriyanti Ambar sebagai Sekretaris Pokja PUG, juga selaku leading sektor PUG serta Focal Point Kecamatan, menjemput langsung piala dan piagam penghargaan APE di Kementerian P3A, Jakarta pada Jumat, (24/9/2021).

Andi Rusia mengaku bersyukur Parepare berhasil naik tingkat dari kategori Madya pada 2018 ke kategori Utama pada 2020. Hal itu, kata dia, tidak terlepas dari dukungan dan komitmen Wali Kota Parepare Taufan Pawe, Wakil Wali Kota Pangerang Rahim, serta Sekda H Iwan Asaad.

Asisten Deputi Perlindungan Khusus Anak dari Kekerasan Kementerian P3A RI Ciput Eka Purwianti, di hadapan Kepala DP3A Parepare Andi Rusia dan Kabid Kesetaraan Gender Sriyanti Ambar memberi ucapan selamat kepada Pemko Parepare.

Ciput mengatakan, Parepare sejak 2014 sudah menunjukkan komitmen luar biasa untuk pelaksanaan Pengarustamaan Gender. “Driver (penggerak) Perencanaan Penganggaran Responsif Gender (PPRG) di sana juga sangat kompak. Jadi saya percaya penilaian Utama ini memang hasik kerja keras semua Pokja PUG di Kota Parepare, dan khsusnya Sekretariat Pokja PUG dari DP3A Parepare, serta di bawah pimpinan Kepala Bappaeda Kota Parepare. Selamat, luar biasa,” katanya. CM
(ars)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4173 seconds (0.1#10.140)