Perhatian! Berita ini memuat konten dewasa.
Apakah anda sudah berusia 17 tahun atau lebih?

5 Fakta Aliran Hakdzat yang Gegerkan Warga Pandeglang

loading...
5 Fakta Aliran Hakdzat yang Gegerkan Warga Pandeglang
Kemunculan berbagai aliran atau kelompok terus menjamur di Indonesia. (Ist)
PANDEGLANG - Kemunculan berbagai aliran atau kelompok terus menjamur di Indonesia. Mirisnya meski sebuah aliran tersebut terbilang nyeleneh dan diduga sesat , tetap memiliki pengikut.

Seperti halnya di Pandeglang yang kembali digegerkan dengan kemunculan aliran Hakdzat dan diduga menyimpang . Aliran ini berada di Kampung Cimenteng, Desa Tamanjaya, Kecamatan Sumur.

Sebelumnya, Pandeglang sempat digegerkan oleh kelompok aliran yang mengatasnamakan Hakekok Balakasuta yang menggelar ritual mandi bareng tanpa mengenakan busana.

Untuk aliran Hakdzat setidaknya ada lima fakta yang membuat aliran tersebut nyeleneh atau diduga menyimpang:



1. Salat Sunah Menghadap Empat arah mata angin.

Menurut Camat Sumur, Heru mengatakan, praktik penyimpangan aliran ini lantaran melakukan salat sunah menghadap ke 4 arah mata angin tidak sesuai dengan anjuran syariat Islam dan bacaan takbir disesuaikan ajaran mereka. Kelompok ini sudah berkembang sejak 2020.

“Dari pengakuan mereka, kalau salat fardhunya sama dengan ajaran Islam. Cuma salat sunah yang mereka laksanakan mengikuti arah empat mata angin," kata Heru, Selasa (28/9/2021).

2. Salat Tidak Pakai Rukuk.

Keganjilan dari aliran Hakdzat juga tidak adanya rukuk dalam pelaksanaan salat tersebut. "Salatnya tidak pakai rukuk, jadi langsung sujud," ujar Heru, Camat Sumur, Pandeglang.
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top