Perhatian! Berita ini memuat konten dewasa.
Apakah anda sudah berusia 17 tahun atau lebih?

2 Ton Tanaman Stevia Sulut Diekspor Perdana ke Korea Selatan

loading...
2 Ton Tanaman Stevia Sulut Diekspor Perdana ke Korea Selatan
Pelepasan tanaman stevia yang resmi diekspor perdana ke Korea Selatan, Selasa, (28/9/2021). Foto: MPI/Subhan Sabu
MANADO - Tanaman stevia yang sukses dibudidayakan di Kakas Barat, Kabupaten Minahasa dalam beberapa bulan terakhir, akhirnya resmi diekspor perdana ke Korea Selatan, Selasa, (28/9/2021).

Sebanyak 2 ton komoditas tersebut dilepas langsung oleh Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Sulut, Yeittij Fonnie Roring.

Dia mengatakan bahwa pemerintah Sulawesi Utara (Sulut) akan selalu mendukung ekspor pertanian, terlebih beberapa waktu yang lalu Sulut melalui Bapak Gubernur, Olly Dondokambey menerima penghargaan abdi Bakti Tani langsung dari Presiden Republik Indonesia.

Baca juga: Gadis Manado Disetubuhi Paksa Pacar, Ibu Korban Lapor Polisi



"Sebelumnya, pihak Stevia Farm Korea memutuskan Sulawesi Utara sebagai daerah yang paling tepat untuk pengembangan tanaman berdaun manis tersebut dan akhirnya sukses dibudidayakan di lahan milik warga setempat," kata Yeittij.

Oktavianus selaku Direktur Utama PT. BKS yang dipercayakan Stevia Farm Korea sebagai pengelola perkebunan tersebut mengungkapkan bahwa Penyiapan lahan dan penanaman bibit sudah dilakukan dari tahun lalu dan terus dikembangkan sampai sepuluh tahun ke depan.

Baca juga: Perkosa Teman Separtai hingga Hamil, Oknum Anggota DPRD Maros Dilaporkan ke Polisi

“Tanaman stevia merupakan bahan pemanis pengganti gula tebu yang diklaim lebih sehat karena memiliki kalori yang rendah, terbukti tanaman ini lama popular di negara-negara maju seperti Korea dan Jepang,"ujar Oktavianus

Kepala Karantina Pertanian Manado, Donni Muksydayan mengungkapkan bahwa ke depan pihak Stevia Farm berencana akan mengembangkan perkebunan tersebut hingga 40.000 ha dengan bermitra dengan petani lokal.
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top