Kisah Nakes Gerald Sokoy Terjun ke Jurang Sedalam 300 Meter saat Diserang KKB

Minggu, 26 September 2021 - 05:49 WIB
loading...
A A A
"Saya jalan dari kali (sungai) sampai saya ketemu masyarakat. Mereka kasih makan minum dan karena saya bilang mau pulang ke Sentani karena mama saya sakit. Kemudian mereka persilahkan saya balik. Lalu saya ketemu masyarakat lagi kemudian panggil menggunakan radio SSB," jelasnya.

Setelah terjadi komunikasi melalui SSB dengan pihak gereja, kemudian Gerald dibawa ke Distrik Okika hingga bisa dievakuasi ke Sentani Kabupaten Jayapura.

Kini, Gerald Sokoy yang sempat disandera Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Lamek Taplo pasca penyerangan Puskesmas Kiwirok lalu akhirnya berhasil dibebaskan.

Upaya pembebasannya dilakukan oleh tokoh masyarakat dan gereja di Kiwirok bekerjasama dengan pemerintah daerah Kabupaten Pegunungan Bintang.

Usai dibebaskan, Nakes Gerald Sokoy didampingi Bupati Pegunungan Bintang Spei Yan Bidana, perwakilan DPRD, perwakilan Polres Pegubin dan TNI tiba di Bandara Sentani dan dibawa ke salah satu hotel di Sentani untuk diserahterimakan kepada pihak keluarga.

Dia menceritakan kisahnya didampingi Emanuel Gobay selaku Koordinator LBH Papua. Emanuel Gobay dalam kesempatan itu meminta awak media tidak terlalu menggali informasi terkait peristiwa dugaan penyanderaan dengan alasan kondisi psikologis Gerald Sokoy.

"Nanti kita akan beri waktu lagi, dan soal ini sudah kita sampaikan ke Komnas HAM perwakilan Papua," katanya.
(shf)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1783 seconds (0.1#10.140)