3 Tahun Menjabat, Berat Badan Bupati Madiun Turun, Prestasi Melimpah

Jum'at, 24 September 2021 - 11:34 WIB
loading...
3 Tahun Menjabat, Berat Badan Bupati Madiun Turun, Prestasi Melimpah
Bupati Madiun Ahmad Dawami. iNews TV/Arif
A A A
MADIUN - Kebanyakan orang biasanya bertambah gemuk saat menjadi pejabat atau naik pangkat. Namun tidak demikian dengan Bupati Madiun Ahmad Dawami, yang terjadi justru sebaliknya. Meski sudah tiga tahun menjadi orang nomor satu di Pemkab Madiun , berat badannya justru turun.

Menurut Ahmad Dawami, saat awal menjadi bupati tahun 2018 lalu, berat badannya mencapai 70 kg. Namun saat ini turun hingga 65 kg, bahkan sempat 63 kg. Kemungkinan penyebabnya adalah kurang istirahat dan tidak berimbang dengan padatnya aktivitas yang dijalani.

"Dulu saat awal menjabat sempat 70 kilogram, tapi sekarang turun 65 dan sebelumnya sempat 63 kilogram," jawab Bupati saat ditanya awak media terkait berat badannya, di Pendopo Muda Graha, Jumat pagi (24/09/2021).

Dengan tinggi badan 170 cm, bupati yang akrab disapa dengan Kaji Mbing itu tak risau jika ada yang mengejeknya dengan badan yang kurus. Menurutnya yang terpenting adalah rakyatnya jangan kurus, meski dirinya sendiri kurus.

"Gak apa apa dibilang kurus, yang penting rakyat saya jangan kurus. Kalau saya gemuk dan rakyat saya kurus, itu kurang baik. Secara pribadi menjadi beban buat saya," jelasnya.

Kurangnya istirahat yang tidak berimbang dengan padatnya aktivitas yang dijalani diduga menjadi penyebab tubuh pemimpin yang dikenal santun itu terlihat kurus.

Salah satu ASN Pemkab Madiun yang hampir setiap hari mengikuti aktivitas Bupati mengaku kewalahan. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini.

ASN yang enggan disebut namanya itu menuturkan kegiatan pimpinannya sangat padat mulai yang formal maupun tidak. Bahkan sering tidur hingga dini hari dan waktu untuk keluarga seolah dikalahkan. Kondisi itulah yang menurutnya membuat tubuh sang Bupati terlihat kurus.

"Kalau ngikuti Kanjeng e (sebutan untuk Bupati Madiun), itu memang capek. Apalagi musim COVID ini, dari pagi sampai jelang subuh. Mulai yang resmi, rapat bersama OPD, giat penanganan COVID-19 bersama Pak Wabup, Forpimda," ujar ASN tersebut. Baca: Ini Profesi Istri yang Tewas Disiksa Suami di Cisarua.

Meski badannya kurus, namun prestasi yang dicapai Pemkab Madiun di era kepemimpinan Bupati Ahmad Dawami melimpah. Berdasarkan data dari Bagian Protokol dan Komunikasi pimpinan Pemkab Madiun, setidaknya terdapat Penghargaan, penganugerahan, predikat yang diraih dengan rincian 16 kali di tahun 2019, 13 kali di tahun 2020, dan 7 kali di tahun 2021 ini.

Sebagian dari prestasi-prestasi tersebut adalah:

1. Penghargaam Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) tahun 2020 dari KemenPAN-RB dengan nilai BB
2. Penghargaan dari Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) untuk Pemkab Madiun sebagai pemerintah daerah penyalur dana desa tercepat tahap 1 tahun 2020.
3. Penganugerahan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) ke-8 kali dari BPK-RI Perwakilan Provinsi Jawa Timur atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2020.
4. Penghargaan Manggala Karya Kencana dari BKKBN.
5. Penghargaan atas pencapaian Maturitas SPIP level 3 oleh BPK-RI.
6. Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik top 25 yang diselenggarakan oleh Jaringan Inovasi Pelayanan Publik (JIPP) Jatim.
7. Penghargaan Gubernur Jawa Timur sebagai penyalur BLT teecepat.
8. Penghargaan pencapaian 100%-KK Data tepat waktu.
9. Penghargaan penyaluran dana desa tercepat tahap 1 tahun 2021. Baca Juga: Bekuk 3 Peracik Tembakau Sintetis, Polisi: Bahan Baku Dibeli dari China.

Kaji Mbing sebanarnya enggan merinci apalagi memamerkan prestasi yang diraih di masa kepemimpinannya bersama Wakil Bupati Hari Wuryanto sejak tahun 2018 lalu. Alasanya, prestasi itu merupakan amanah baik dari pemberi penghargaan maupun rakyatnya. Menurutnya hal itu kurang etis.

"Kalau prestasi jangan tanya saya, kurang etis kalau saya sampaikan. Khawatirnya terkesan pamer. Prestasi dan penghargaan untuk Pemkab Madiun itu amanah, baik dari pemberi maupun dari masyarakat kita. Makanya akan kami jaga bersama Pak Wabup," pungkasnya.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1491 seconds (0.1#10.140)