6 Fakta Ali Kalora Pimpinan Teroris MIT, Nomor 3 Aksi Mengerikan

Sabtu, 18 September 2021 - 22:46 WIB
loading...
6 Fakta Ali Kalora Pimpinan Teroris MIT, Nomor 3 Aksi Mengerikan
Aksi kekerasan dan teror Ali Kalora, pimpinan Mujahidin Indonesia Timur (MIT) berakhir. Dia dan anak buahnya ditembak mati Satgas Madago Raya di Parigi Moutong. Foto/iNews
A A A
PARIGI MOUTONG - Aksi kekerasan dan teror yang dilakukan Ali Kalora, pimpinan Mujahidin Indonesia Timur (MIT) berakhir sudah. Pria yang selama ini dicari-cari ini tewas ditembak oleh Satgas Madago Raya di kawasan Astina, Kecamatan Torue, Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, Sabtu (18/9/2021).

6 Fakta Ali Kalora Pimpinan Teroris MIT, Nomor 3 Aksi Mengerikan


Ali Kalora tewas bersama anak buahnya, Jaka Ramadhan alias Ikrima setelah kontak tembak dengan personel Satgas Madago Raya. Keduanya membawa senjata api laras panjang dan senjata tajam serta perlengkapan survival di hutan.



Berikut 6 fakta Ali Kalora yang berhasil dirangkum:
1. Pengganti Santoso
Pria yang lahir dengan nama Ali Ahmad di Poso, Sulawesi Tengah ini merupakan sosok yang menggantikan Santoso, pimpinan MIT sebelumnya. Santoso tewas dalam baku tembak dengan Satgas Tinombala pada Senin petang 18 Juli 2016 di Pegunungan Biru, Poso, Sulawesi Tengah.


2. Bunuh 4 Warga Sipil di Sigi
Pada 27 November 2020, Ali Kalora dan kelompoknya membunuh empat warga sipil di Dusun Lepanu, Desa Lemban Tongoa, Kecamatan Palolo, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah. Korban dianiaya dan dibunuh dengan parang dan dibakar. Ali Kalora dan Jaka Ramadan yang memimpin rombongan pelaku kemudian membakar sejumlah rumah dan mengambil logistik berupa beras.

3. Penggal Kepala 4 Petani di Poso
Ulah sadis Ali Kalora dkk berlanjut saat membunuh dan memutilasi empat petani pada 11 Mei 2021 di Desa Kalimago, Kecamatan Lore Timur, Poso. Empat petani yang sedang berada di kebun tiba-tiba didatangi sekelompok orang yang diduga Ali Kalora dkk. Mereka kemudian membunuh keempat petani dengan cara dipenggal kepalanya.

4. Anak Buah Ali Kalora Habis Ditembak Mati
Anak buah MIT pimpinan Ali Kalora yang awalnya 11 orang terus menyusut setelah tewas dalam kontak tembak dengan Satgas Madago Raya di sejumlah lokasi. Diantaranya yang terakhir 2 anggota MIT tewas dalam kontak tembak pada Minggu 11 Juli 2021 di Pegunungan Tokasa, Parigi Moutong. Selanjutnya pada Sabtu 17 seorang lagi anggota MIT tewas dalam baku tembak di Parigi Moutong.

5. Ali Kalora Tewas Ditembak Satgas Madago Raya
Satgas Madago Raya menembak mati pimpinan teroris MIT, Ali Kalora bersama anggotanya Jaka Ramadhan di daerah Astina, Kecamatan Torue, Kabupaten Parigi Moutong, Sabtu (18/9/2021).

6 Fakta Ali Kalora Pimpinan Teroris MIT, Nomor 3 Aksi Mengerikan


6. Ali Kalora Bawa Senapan M16 dan Bom
Setelah Ali Kalora dan Jaka Ramadhan tewas, petugas menemukan 1 pucuk senjata api laras panjang M16; 2 hammelok; 2 ransel; 2 jaket; 3 chestrig; 2 selimut; 1 sarung; 3 celana; 1 senter kepala; 1 benang lilit; 1 belanga plus daging; 2 kaus kaki; 1 headset; 1 kepala charger.

Selain itu 1 gunting; garam; 2 baju kaus; 1 kantong tepung kecil isi beras; 1 kantong tepung kecil isi obat-obatan.

Ditambah lagi 1 gergaji; 2 parang; 2 autan; 1 mug air; 1 toples kecil; botol minyak; sorban sarung; 2 korek api dalam botol kuning; 1 ponds; 1 sikat gigi untuk senpi; 1 tali pancing; 1 slink; 1 lilit tali jemuran; karet ban; minyak tanah dalam botol; 2 terpal; 1 handphone; 1 jam tangan Ali Kalora; 1 bom tarik; 1 bom bakar.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1189 seconds (0.1#10.140)