5 Hektar Lahan Hutan Terbakar, Dandim Pidie Minta Warga Saling Jaga

Senin, 06 September 2021 - 23:16 WIB
loading...
5 Hektar Lahan Hutan Terbakar, Dandim Pidie Minta Warga Saling Jaga
Jajaran Koramil 23/Batee Kodim 0102/Pidie saat memadamkan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) terjadi di Kabupaten Pidie, Aceh, di Gampong Kareung, Kecamatan Batee, Senin (6/9/2021). Foto: Istimewa
A A A
PIDIE - Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) terjadi di Kabupaten Pidie, Aceh , tepatnya di Gampong Kareung, Kecamatan Batee, Senin (6/9/2021) pukul 06.30 WIB.

Titik api kebakaran dapat dideteksi dari aplikasi hotspot yang digunakan Koramil 23/Batee Kodim 0102/Pidie. Diperkirakan seluas 5 hektar lahan kosong di perbukitan daerah itu hangus. Mengenai penyebab kebakaran, saat ini masih dalam penyelidikan polsek setempat.



Komandan Kodim (Dandim) 0102/Pidie Letkol Arh Tengku Sony Sanatha mengatakan, upaya preventif telah dilakukan oleh para Babinsa TNI khususnya di Koramil wilayah Kabupaten Pidie.

“Baik berupa imbauan kepada masyarakat hingga melakukan pemadaman kebakaran, sehingga bisa menjadi panduan akan rentannya kebakaran hutan saat musim kemarau ini,” bebernya.

Dandim berharap masyarakat mau menjaga kelestarian hutan dengan saling peduli dan sadar akan bahaya membakar lahan walau dengan tujuan berkebun atau lainnya.



“TNI khususnya Kodim 0102/Pidie dan jajaran tetap siaga mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan di musim kemarau saat ini. Masyarakat diharapkan sadar akan bahaya melakukan pembakaran hutan yang menimbulkan bencana,” kata Dandim.

Berkat kerja sama para Babinsa dan Babinkabtimas serta warga setempat, kebakaran lahan seluas 5 hektare tersebut berhasil dipadamkan pada pukul.10.20 WIB walau medan lokasi kebakaran sulit ditempuh.
(nic)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5365 seconds (0.1#10.140)