Libatkan Ratusan Seniman Jabar, Festival Kesenian Warisan Indonesia Usung Konsep Baru

Selasa, 07 September 2021 - 04:11 WIB
loading...
Libatkan Ratusan Seniman Jabar, Festival Kesenian Warisan Indonesia Usung Konsep Baru
BPNB Jabar gelar Festival Kesenian 2021 di tempat asal Seniman dan pekerja budaya secara virtual. (Ist)
A A A
BANDUNG - Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Provinsi Jawa Barat kembali menggelar Festival Kesenian tahun 2021. Berbeda dari tahun sebelumnya, kali ini festival dikemas dengan konsep dalam jaringan bertajuk "Warisan Indonesia".

Melibatkan ratusan seniman dari enam kabupaten di Jabar, Festival Kesenian di tengah pandemi COVID-19 ini menjadi upaya BPNB Provinsi Jabar dalam Pelestarian Nilai Budaya sekaligus menyokong program Desa Pemajuan Kebudayaan.

Menggandeng aktor sekaligus traveller Adhin Abdul Hakim, tayangan Festival Kesenian 2021 dapat disaksikan masyarakat luas di tayangan televisi dan platform media sosial Youtube @BPNBJabar.

Kepala BPNB Provinsi Jabar, Jumhari menerangkan, festival tahunan ini biasanya digelar di satu lokasi menghadirkan seni dan budaya dari berbagai daerah.

Namun, karena pandemi COVID-19, BPNB Provinsi Jabar melakukan terobosan baru yang unik, yakni dengan menggelar pertunjukan langsung di tempat asal seniman dan pekerja budaya.

"Konsep baru ini sebagai upaya BPNB Provinsi Jawa Barat menampilkan beragam ekspresi budaya dari seniman dan pekerja budaya. Konsep ini sekaligus bukti bahwa di tengah kesulitan, kegiatan kebudayaan masih tetap berjalan," tutur Jumhari, Senin (6/9/2021).

Selain itu, untuk menyokong program Prioritas Desa Pemajuan Kebudayaan yang dicanangkan oleh Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbud Ristek RI), seniman dan pekerja budaya yang terlibat berasal dari desa pemajuan kebudayaan.

"Platform kerja bersama membangun desa mandiri melalui peningkatan ketahanan dan kontribusi budaya desa karena desa merupakan akar atau asal identitas budaya Indonesia dan paradigma pembangunan kebudayaan harus dimulai dari unit kebudayaan terkecil, yaitu desa," terangnya.

Sementara itu, Kepala Sub Bagian Tata Usaha BPNB Provinsi Jabar, Hendra Gunawan memaparkan bahwa proses produksi program 'Warisan Indonesia' dilakukan secara maraton selama satu bulan.

Tim BPNB Provinsi Jabar merekam pertunjukan 46 kesenian dari 6 kabupaten di Jabar, yakni Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Garut, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Cianjur, dan Kabupaten Sukabumi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3757 seconds (0.1#10.140)