Pemprov Jawa Timur Siap Wadahi Juara Kompetisi Perwira di Millenial Job Center

Minggu, 05 September 2021 - 14:50 WIB
loading...
Pemprov Jawa Timur Siap Wadahi Juara Kompetisi Perwira di Millenial Job Center
Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak (tengah) saat menghadiri kompetisi Perwira 2021 di salah satu hotel di Surabaya.
A A A
SURABAYA - Pemprov Jatim akan menindaklanjuti 19 besar yang terpilih dari proses seleksi Pemuda Wirausaha (Perwira) 2021 melalui Millenial Job Center (MJC) dan Dinas Koperasi dan UKM Jatim sebagai bagian dari pengembangan kewirausahaan.

Perwira ini menjadi platform sekaligus ekosistem bagi entrepreneur-entrepreneur di Jawa Timur. Ke depan, diharapkan bisa diikuti oleh pemuda-pemudi di Jatim yang memiliki keinginan sebagai wirausaha (entrepreneur).

"Awalnya ada 20 besar Perwira. Namun ada 1 orang yang berhalangan hadir. Semuanya ini right person. Jadi kita akan berikthiar bersama dalam sebuah journey. Pemprov Jatim melalui MJC dan Dinas Koperasi dan UKM Jatim akan menindaklanjuti dari 19 besar ini,” ujar Emil Elestianto Dardak saat menjadi advisor dalam Perwira Juara 2021, Minggu (5/9/2021).

Baca juga: 15 SMP di Surabaya Lolos Asesmen Pembelajaran Tatap Muka, Sisanya Masih Simulasi

Dia menjelaskan, 10 terbaik dari ajang Perwira 2021 ini akan melewati journey yang komprehensif. Sehingga nantinya mereka dapat mengembangkan usahanya lebih besar lagi. Kemudian, 10 terbaik ini akan melalui journey yang benar-benar komprehensif. "Hingga akhirnya mudah-mudahan bisa take off. Prosesnya pun bisa 3, 6 atau 8 bulan,” ujar Emil.

Lebih lanjut Emil menambahkan, saat ini kebutuhan lapangan kerja setiap perusahaan menjadi sedikit, dikarenakan adanya teknologi. Hal inilah yang membuat Pemprov Jatim mendukung adanya Perwira yang dianggap menjadi inisiatif baik dari pemuda.

"Perwira ini bukan program pemerintah. Tapi dari teman-teman yang aktif di start up dan komunitas wirausaha, komunitas coworking space," jelas mantan Bupati Trenggalek tersebut.

Diketahui, kompetisi Perwira ini dibuka secara online untuk 8 kabupaten/kota di Jatim. Di antaranya, Surabaya, Malang, Gresik, Pamekasan, Bojonegoro, Ngawi, Madiun dan Jember.

Baca juga: Raden Fatah, Pendiri dan Raja Pertama Demak yang Dikukuhkan Jadi Khalifah di Tanah Jawa

Dari semua pendaftar yang totalnya 250 orang diseleksi menjadi 20 orang yang mengikuti inkubasi. Ke-20 orang tersebut melakukan final pitching di depan para advisor. Namun 1 orang berhalangan hadir. Selanjutnya terpilih 10 terbaik untuk kemudian dipilih kembali menjadi 3 terbaik.

Adapun bisnis yang terpilih menjadi 10 terbaik antara lain Raja Sayur, FishGator, BlajarFashion, Analitika, Nuswantara, Saribumi, Fondre, Rantai Pakan, Yumm.it, Paktukang.com. Selanjutnya terpilih Terbaik 1 BlajarFashion, Terbaik 2 Nuswantara dan Terbaik 3 Paktukang.com.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1236 seconds (0.1#10.140)