2 Pati TNI AL Ikut Bentangkan Merah Putih di Tanjung Jokowi

Minggu, 29 Agustus 2021 - 18:46 WIB
loading...
2 Pati TNI AL Ikut Bentangkan Merah Putih di Tanjung Jokowi
Dua Pati TNI AL ikut langsung membentangkan Bendera Merah Putih di Tanjung Jokowi, salah satu wilayah terluar Indonesia. Foto: MPI/Arther Loupatty
A A A
MANADO - Dua Perwira Tinggi (Pati) TNI AL ikut membentangkan Bendera Merah Putih di Tanjung Jokowi , Sabtu (28/8/2021). Kegiatan itu merupakan rangkaian ekspedisi Merah Putih Merajut Pulau Terluar.

Kedua Pati yang terlibat langsung itu ialah, Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) VIII Brigadir Jenderal TNI (Mar) I Wayan Ariwijaya dan Komandan Gugus Keamanan Laut Komando Armada II (Danguskamla Kormada II) Laksamana Pertama TNI I Gung Putu Alit Jaya.

2 Pati TNI AL Ikut Bentangkan Merah Putih di Tanjung Jokowi



Ekspedisi itu dilaksanakan Pangkalan TNI AL (Lanal) Melonguane bersama dengan Pemerintah Kabupaten Kepulauan dan elemen masyarakat yang berada di Pulau Miangas.

Tanjung Jokowi dahulunya merupakan benteng pertahanan masyarakat Pulau Miangas untuk mempertahankan Pulau Miangas dari penjajahan bangsa Philipin Moro. Pulau Wora sendiri merupakan salah satu daerah tempat tinggal masyarakat pertama kali.



Pada suatu malam bangsa Philipin Moro yang menganggap Pulau Miangas adalah wilayah mereka akan menduduki pulau tersebut tetapi mendapat perlawanan dari masyarakat Pulau Miangas sehingga terjadi pertempuran yang mengakibatkan pertumpahan darah di Tanjung Pulau Wora dan akhirnya dimenangkan masyarakat Miangas sehingga Pulau Miangas tetap menjadi bagian NKRI.

Dalam rangka mengenang para pahlawan yang telah mempertahankan Pulau Miangas Presiden RI Jokowi melakukan kunjungan ke tanjung yang menjadi tempat pertahanan masyarakat Pulau Wora dan langsung membasuh muka dengan air laut di tempat itu.

2 Pati TNI AL Ikut Bentangkan Merah Putih di Tanjung Jokowi


Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1876 seconds (0.1#10.140)