Banjir Bandang Terjang Polewali Mandar, Sejumlah Rumah Warga Rusak

Kamis, 26 Agustus 2021 - 23:45 WIB
loading...
Banjir Bandang Terjang Polewali Mandar, Sejumlah Rumah Warga Rusak
Hujan deras yang mengguyur selama beberapa jam lamanya, menyebabkan banjir bandang menerjang Desa Pasiang, Kecamatan Matakali, Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat. Foto/iNews TV/Huzair Zainal
A A A
POLEWALI MANDAR - Banjir bandang menerjang Desa Pasiang, Kecamatan Matakali, Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat, Kamis (26/8/2021) malam. Air bah yang datang secara tiba-tiba, membuat warga dilanda kepanikan.



Saat sebelum terjadinya banjir bandang, kawasan tersebut sempat diguyur hujan selama berjam-jam lamanya. Air bercampur lumpur mengalir deras dari sungai, lalu meluap menerjang sejumlah rumah warga.



Tak hanya itu saja, banjir juga membawa material kayu dan bebatuan hingga menerjang rumah warga. Peristiwa ini sendiri hanya berlangsung kurang lebih dua jam lamanya, dan berdampak hingga ke tiga kecamatan.



Luapan banjir setinggi hampir satu meter disertai lumpur tebal, menutup ruas jalan dan rumah-rumah warga. Hingga malam ini ratusan, rumah warga yang terdampak banjir masih terus berupaya dibersihkan dari material sisa banjir.

Petugas gabungan dari BPBD Kabupaten Polewali Mandar, TNI, Polri, dan para relawan, masih berada di lokasi banjir bandang untuk memantau situasi, dan membantu warga melakukan penangana pasca banjir.



Kepala BPBD Kabupaten Polewali Mandar, Andi Afandi Rahman mengatakan, selian banjir bandang menerjang pemukiman warga, juga terjadi longsor dibeberapa titik hingga menutup akses jalan.

Akibat peristiwa ini, sejumlah warga terpaksa memilih mengungsi ke tempat yang lebih aman untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Selain merusak rumah warga, banjir bandang juga menyebakan akses jalan menuju Desa Pasiang, dan Kecamatan Matakali, sulit dilalui kendaraan roda empat akibat banyaknya material kayu dan bebatuan.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1028 seconds (0.1#10.140)