Terinspirasi Cerita Rakyat Nusantara, Erni Yurnita Hadirkan Buku Anak 'Ular Pelangi Berkepala Tujuh'

Senin, 23 Agustus 2021 - 23:41 WIB
loading...
Terinspirasi Cerita Rakyat Nusantara, Erni Yurnita Hadirkan Buku Anak Ular Pelangi Berkepala Tujuh
Buku anak karya Erni Yurnita diluncurkan secara virtual. Foto/Tangkapan Layar
A A A
SURABAYA - Pembatasan kegiatan akibat pandemi COVID-19, tidak melumpuhkan daya kreativitas dan imajinasi Erni Yurnita. Perempuan penulis kelahiran 1989 yang tinggal di Denpasar, Bali tersebut, meluncurkan buku perdananya yang berjudul "Ular Pelangi Berkepala Tujuh".



Meski tidak memiliki latar belakang pendidikan di bidang sastra, tidak menyurutkan semangat Erni untuk menulis dan berkontribusi literasi Indonesia, khususnya literasi untuk anak. Erni memutuskan untuk mengikuti program menulis "Momwriter" yang menjadi bekal dalam menulis naskah pertamanya.



Hingga akhirnya "Ular Pelangi Berkepala Tujuh" berhasil diterbitkan oleh Penerbit BIG. Buku ini berkolaborasi dengan ilustrator asal Belanda, Danielle Schothorst. Dikemas dengan ilustrasi grafik yang menarik, anak-anak tak cuma diajak membaca namun juga diajak memiliki imajinasi dan merasakan langsung kejadian yang ada di dalam cerita.



Erni menjelaskan, "Ular Pelangi Berkepala Tujuh" adalah cerita tentang persahabatan, sikap tolong-menolong dan kerjasama dalam persahabatan yang telah terjalin. Persahabatan inilah yang diharapkan penulis dapat dicontoh oleh anak-anak, dan diterapkan pada kehidupan dengan menyertakan sikap tolong-menolong terhadap sesama.

"Terinspirasi dari cerita rakyat asal Bengkulu yang berjudul 'Legenda Ular Kepala Tujuh' dan menggabungkannya dengan tema persahabatan serta pentingnya arti saling tolong menolong antar manusia dan satwa. Akhirnya saya bisa menghadirkan buku ini untuk anak-anak di Indonesia. Dikemas dengan bahasa yang mudah dipahami dan tentu menyelipkan pesan positif bagi pembacanya," terangnya melalui siaran pers, Senin (23/8/2021).



Kata dia, buku ini sangat cocok untuk membuka wawasan dan pikiran bagi anak-anak, karena memiliki cerita yang seru dan ditambah dengan adanya tindakan sosial seperti tolong-menolong dan kerjasama yang bisa di tiru dan diterapkan oleh anak-anak di kehidupan nyata.

Peluncuran buku yang dilakukan secara virtual tersebut, mendapat tanggapan positif yang dapat dilihat dengan antusiasme peserta yang mengikuti acara tersebut. "Banyak dari mereka mengungkapkan, bahwa buku cerita ini sangatlah bagus, menarik dan sesuai dengan usia anak yang ditargetkan. Buku ini diterbitkan oleh Penerbit BIG dan Clavis Indonesia," tandasnya.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1732 seconds (0.1#10.140)