Misteri Makam Kuno Gunung Wijil Klaten Tempat Ngalap Berkah dan Pesugihan

Minggu, 22 Agustus 2021 - 07:54 WIB
loading...
Misteri Makam Kuno Gunung Wijil Klaten Tempat Ngalap Berkah dan Pesugihan
Pesugihan masih dipercaya oleh sebagian orang di zaman modern ini salah satunya ritual ngalap berkah atau mencari pesugihan di Gunung Wijil, Klaten, Jawa Tengah. Foto iNews TV/Saeful E
A A A
KLATEN - Tempat Pesugihan masih dipercaya oleh sebagian orang di zaman modern ini salah satunya ritual ngalap berkah atau mencari pesugihan di Gunung Wijil, Klaten, Jawa Tengah. Tempat ini konon katanya sebagai gudangnya ilmu kekayaan gaib, mistis atau tempat pesugihan .



Misteri Makam Kuno Gunung Wijil Klaten Tempat Ngalap Berkah dan Pesugihan


Gunung Wijil yang terletak di Desa Kupang, Kecamatan Karangdowo, Klaten, Jawa Tengah selain dikenal sebagai tempat wisata baru, dipercaya sebagai gudangnya tempat pesugihan. Konon dipercaya memiliki banyak tempat ngalap berkah ziarah makam kuno hingga pesugihan buto ijo.

Nukdiyono Sesepuh Masyarakat Desa Kupang mengatakan, Gunung Wijil sendiri sebenarnya terdiri dari sejumlah lokasi yang digunakan ngalap berkah. Salah satunya tempat peristirahatan kerabat Keraton Surakarta adalah Astonohargo Mulyo Gunung Wijil lokasi ini merupakan makam yang cukup terkenal dalam syiar Islam yakni makam Syekh Joko yang merupakan murid Joko Tingkir.

Selain itu, kata dia, ada makam Ki Ageng Lokojoyo maupun Makam R Ayu Yudorono yang merupakan makam Nyai Sedah Merah yang selama hidupnya tidak mempunyai suami.

"Tak heran lokasi ini sendiri banyak digunakan orang –orang ngalap berkah mulai dari ingin mencari kekayaan harta benda atau penglarisan atau orang profesi atau derajat pangkat tertentu yang dicita-citakan mereka sebelumnya termasuk mencari pesugihan atau ingin kaya secara sontan tanpa bekerja keras," kata dia, Sabtu (21/8/2021).

Pada malam tertentu di penanggalan Jawa seperti malam Jumat Kliwon dan Selasa Kliwon banyak pengunjung di makam ini yang berasal dari sejumlah kota datang untuk ngalap berkah tentunya dengan niat yang bersih dan sunguh-sunguh tentunya akan terkabulkan.

Jika para penyiarah yang ngalap berkah di lokasi ini bisa dikatakan berhasil atau sukses biasanya akan ditemui sesok hewan berbentuk anjing merah yang merupakan klangenan dari penghuni penguasa Gunung Wijil.

Jurukunci Gunung Mijil Misyono mengatakan, ada sejumlah pantangan yang wajib dipatuhi para pengunjung yang ingin befziarah ke makam ini salah satunya pengunjung wanita yang sedang datang bulan dilarang masuk ke makam.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4334 seconds (0.1#10.140)