Makam Khalifah Umar bin Abdul Aziz Digali dan Dihancurkan

Jum'at, 29 Mei 2020 - 18:32 WIB
loading...
Makam Khalifah Umar bin Abdul Aziz Digali dan Dihancurkan
Makam Khalifah Ke-8 Dinasti Umayyah, Umar Ibnu Abdul Aziz di Idlib, Suriah, dihancurkan kelompok milisi. Foto: Twitter/SANA
A A A
DAMASKUS - Makam Umar bin Abdul Aziz , khalifah kedelapan Dinasti Umayyah di Provinsi Idlib, Suriah, hancur akibat perang saudara di negeri itu.

Menurut laporan sejumlah media Arab, kelompok milisi yang menghancurkan makam khalifah keturunan Umar Ibnu al-Khattab—sahabat Nabi Muhammad SAW—adalah kelompok yang beperang untuk rezim Presiden Suriah Bashar al-Assad.

Video yang menggambarkan kehancuran makam tersebut beredar di media sosial sejak 27 Mei lalu. Makam Khalifah Umar Ibnu Abdul Aziz, istri dan pelayannya rusak. Makam-makam itu terlihat telah digali dan isi dari makam dilaporkan hilang.

(Baca: Tunggu Hasil Tes, Ratusan Orang Kabur dari Pusat Karantina Corona)

Situs tempat makam-makam tersebut terletak di Desa Deir Al-Sharqi, di daerah Maarat Al-Nu'man. Wilayah itu telah direbut pasukan Assad dan milisi pro-rezim Suriah pada Februari tahun ini.

Mengutip laporan media Turki, Daily Sabah, Jumat (29/5/2020), belum ada informasi tentang keberadaan sisa-sisa jenazah sang khalifah.

Umar Ibnu Abdul Aziz lahir di Madinah pada tahun 682, namun sebagian sumber menyebut dia lahir di Mesir. Ayahnya adalah Abdul Aziz, putra Khalifah Marwan Ibnu al-Hakam yang merupakan sepupu Khalifah Utsman Ibnu Affan. Ibunya adalah Laila, cucu Khalifah Umar Ibnu Al-Khattab.

(Baca: Iran Haramkan Penggunaan Semua Teknologi Buatan Israel)

Umar Ibnu Abdul Aziz merupakan khalifah yang sangat dihormati di dunia Muslim. Dia dikenang sebagai penguasa yang menegakkan keadilan sepanjang masa pemerintahannya yang singkat, yakni dua tahun lima bulan pada abad ke-8.

Reputasinya dikenang terutama di tengah-tengah masa dinasti Umayyah dilanda korupsi dan dekaden. Tak hanya itu, sosoknya yang saleh membuatnya kerap dijuluki sebagai "khulafaur rasyidin kelima".

Ini bukan pertama kalinya insiden perusakan makam penting oleh milisi loyalis rezim Assad terjadi.

Pada bulan Februari lalu, sebuah video yang beredar menunjukkan pasukan rezim dan milisi pro-Assad menodai dan menggali kuburan banyak petempur dan komandan oposisi.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2884 seconds (0.1#10.140)