Peringatan HUT RI ke-76, Wali Kota Sutiaji Ingatkan Masyarakat Tangguh dan Tumbuh Bersama

Rabu, 18 Agustus 2021 - 14:47 WIB
loading...
Peringatan HUT RI ke-76, Wali Kota Sutiaji Ingatkan Masyarakat Tangguh dan Tumbuh Bersama
Wali Kota Malang Sutiaji saat hadir sebagai inspektur upacara peringatan HUT RI ke-76 di Balaikota Malang .
A A A
MALANG - Upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-76 resmi digelar di Balaikota Malang pada Selasa, (17/8). Wali Kota Malang Sutiaji, hadir sebagai inspektur upacara. Dalam suasan pandemi, upacara di hari kemerdekaan tersebut dihadiri peserta terbatas dan diselenggarakan secara hybrid dengan diikuti seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Kota Malang secara virtual.

Memaknai perjalanan panjang 76 tahun bangsa ini merdeka, Wali Kota Sutiaji mengajak masyarakat untuk merenungkan makna tangguh dan bertumbuh. “Tema yang telah diambil oleh HUT RI adalah Indonesia tangguh dan Indonesia tumbuh. Pesan ini sangat-sangat berarti bagi kita. Menunjukkan bahwa kita ini memang harus tangguh. Maka harus saling menghargai di antara bersama kita semua, saling berbagi, berbagi peran, untuk menguatkan kita semua,” kata Wali Kota Sutiaji.

Menurut orang nomor satu di Kota Malang itu, peringatan kemerdekaan Republik Indonesia ini sekaligus sebagai momentum untuk menguatkan spirit kepedulian dan bangkit bersama guna membangun Indonesia. “Tidak ada yang kuat, yang kuat adalah kebersamaan. Kuncinya tumbuh yaitu karena kita bersama, karena kita tangguh. Itu yang harus diviralkan,” tuturnya.

Tema hari ini, lanjut Wali Kota Sutiaji, yang harus ditekankan bukan hanya di musim pandemi saja tapi juga dalam membagun Indonesia ke depan harus melalui kerja sama dan kebersamaan. Sehingga ini menjadi kekuatan kita bersama.

Wali Kota Sutiaji berharap dengan kuatnya kebersamaan tersebut dapat mewujudkan Indonesia tangguh dan Indonesia tumbuh. “Kalau sudah tangguh, Insyaa Allah semua godaan kita, ujian kita, ujian dari manapun, mampu kita hadapi dengan baik. Jadi pertumbuhan ekonomi mudah terukur, apa yang akan digerakkan dan cita-cita Indonesia merdeka ini benar-benar merdeka yang sesungguhnya. Sehingga kita bisa menjadi bangsa yang bermartabat,” tuturnya.

Nampak hadir dalam upacara tersebut, jajaran Forkopimda Kota Malang, Wakil Wali Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko, Sekretaris Daerah Kota Malang, Erik Setyo Santoso, Ketua TP PKK Kota Malang, Widayati Sutiaji, Wakil Ketua I TP PKK Kota Malang, Elly Sofyan Edi, ibu-ibu Forkopimda Kota Malang, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kota Malang, serta jajaran pejabat sipil dan TNI/POLRI di lingkungan Pemerintah Kota Malang.

Upacara bendera diakhiri dengan menyerahkan tali asih kepada Ketua LVRI, Letkol (Purn) Harijono, Ketua PEPABRI, Kolonel Arh (Purn) Chrisetyono, dan Ketua DHC’45 Kolonel (Purn) Utuh Agung Minarno.

Wali Kota bersama jajaran dan tamu undangan melanjutkan kegiatan dengan mengikuti secara virtual upacara bendera dari Istana Kepresidenan di Ruang Sidang Balaikota Malang. Rangkaian peringatan HUT ke-76 RI di Kota Malang tersebut akan ditutup dengan upacara penurunan bendera di sore hari.
(atk)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.3018 seconds (0.1#10.140)