Saat Para ODGJ Menitikkan Air Mata Menghormat Sang Saka Merah Putih di Hari Kemerdekaan

Selasa, 17 Agustus 2021 - 10:29 WIB
loading...
Saat Para ODGJ Menitikkan Air Mata Menghormat Sang Saka Merah Putih di Hari Kemerdekaan
Peringatan kemerdekaan Indonesia, diperingati dengan khidmat oleh pasien gangguan jiwa di Panti Rehabilitasi Sosial Maunatul Mubarok Kabupaten Demak. Foto/iNews TV/Sukmawijaya
A A A
DEMAK - Kekhusyukan dan kekhidmatan sangat terasa di Panti Rehabilitasi Sosial Maunatul Mubarok Kabupaten Demak, Jateng, saat para penghuni panti yang merupakan Orang dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) menggelar pengibaran dan penghormatan kepada sang saka merah putih.



Para pasien gangguan jiwa ini, sengaja diajak oleh pengurus panti sosial untuk mengibarkan dan menghormat bendera merah putih dalam rangka memperingati HUT ke-76 kemerdekaan Indonesia .



"Ini sekaligus memberikan terapi memori bagi para pasien," ujar pengurus Panti Rehabilitasi Sosial Maunatul Mubarok Kabupaten Demak, Faizun. Mereka semua dikumpulkan di halaman panti, meskipun selama pelaksanaan masih banyak yang berbicara sendiri.



Diyakininya, sebelum pasien mengalami gangguan jiwa, banyak yang telah mengalami peristiwa saat mengikuti upacara bendera saat mereka mengenyam pendidikan di sekolah. "Kondisi ini, menjadi terapi psikis yang dapat merangsang kenangan dalam memorinya muncul," tuturnya.



Usai mengikuti pengibaran bendera merah putih , pengurus Panti Rehabilitasi Sosial Maunatul Mubarok juga membagikan hadiah kepada pasien gangguan jiwa yang dinilai disiplin saat mengikuti upacara. Mereka diberi untaian makanan kecil, yang nanti dapat dimakan secara langsung setelah kegiatan terapi selesai.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2146 seconds (0.1#10.140)