Menko Airlangga Serahkan 309 Unit Oxygen Concentrator untuk Pemprov Lampung

Sabtu, 14 Agustus 2021 - 06:43 WIB
loading...
Menko Airlangga Serahkan 309 Unit Oxygen Concentrator untuk Pemprov Lampung
Menko perekonomian Airlangga Hartarto menyerahkan bantuan pemerintah berupa Oxygen Concentrator ke Pemprov Lampung.(Ist)
A A A
LAMPUNG - Menko perekonomian yang juga Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN), Airlangga Hartarto menyerahkan bantuan pemerintah berupaOxygen Concentratorsebanyak 309 unit secara simbolis kepada Pemerintah Provinsi Lampung, Jumat (13/8).

Bantuan tersebut diserahkan Airlangga Hartarto kepada Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, dan disaksikan oleh Kepala BNPB Ganip Warsito.

“Penyerahan bantuan Oxygen Concentrator kali ini berjalan baik sesuai rencana. Hal ini sesuai komitmen Pemerintah Pusat untuk memberikan bantuan tabung gas oksigen sertaOxygen Concentratorkepada Pemerintah Daerah yang masuk di PPKM Level 4, terutama untuk membantu rumah sakit di sana,” ujar Airlangga.

Dalam kunjungannya ke Lampung untuk meninjau dan berdialog langsung mengenai kondisi di lapangan terkait implementasi penanganan Covid-19. Menko Airlangga juga mengadakan Rapat Koordinasi bersama Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, Kepala BNPB Ganip Warsito, yang dihadiri secara virtual oleh seluruh Bupati dan Wali Kota di Provinsi Lampung.

Rakor ini dijadikan sebagai wadah menyerap aspirasi dari para pemimpin daerah tersebut tentang evaluasi capaian dan juga kendala dalam menangani kasus Covid-19 di wilayahnya masing-masing.

Menko Airlangga menerangkan bahwa secara umum mobilitas di Provinsi Lampung masih lebih tinggi daripada rata-rata nasional, sehingga hal ini masih perlu diwaspadai dan ditekan terutama pada sektor ritel dan rekreasi, taman, dan pusat transportasi umum. Baca: Masih Ketat, Berikut Aturan Perjalanan KA Lokal dan Jarak Jauh dari Bandung.

Sementara, tingkat kepatuhan memakai masker di Provinsi Lampung sudah cukup tinggi, namun masih terdapat daerah dengan kepatuhan rendah yaitu Kabupaten Lampung Timur (40,43%) dan Kota Metro (52,38%). Ditambah juga capaian target vaksinasi yang masih rendah, yakni dari target vaksinasi yang sebanyak 6.645.226, capaian untuk dosis pertama baru sekitar 681.585 atau 10% saja.

“Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan sudah berkomitmen memberi sebanyak 1,5 juta vaksin kepada Provinsi Lampung. Kemudian, kalau kita lihat mobilitas masyarakat (Lampung) yang masih relatif tinggi, sehingga saya menititipkan kepada Kapolda dan Pangdam untuk meningkatkan pembatasan mobilitas,” ungkap Menko Airlangga.

Ia juga mengingatkan mengenai Protokol Kesehatan 3M, sesuai arahan Presiden Jokowi yang terpenting untuk dilaksanakan adalah 1M dulu yaitu menggunakan masker. Selain itu, Menko Airlangga menyampaikan arahan Presiden yang lainnya yaitu pendirian fasilitas Isolasi Terpusat (Isoter), khususnya di Lampung karena mempunyai dermaga yang cukup panjang, maka bisa dipakai untuk bersandar kapal PELNI yang akan digunakan sebagai tempat Isoter tersebut. Baca Juga: Gianyar Bali Gempar! 2 Jenazah COVID 19 Tertukar, 1 Mayat Terlanjur Dimakamkan.

“Untuk Isoter di kapal tersebut tentunya dibutuhkan tenaga kesehatan, selain dari lokal (Lampung), ini juga akan disiapkan dari BNPB. Yang menjadi fokus utama tinggal bagaimana membawa pasien isoman yang punya komorbid dan bergejala berat ke Isoter, seperti pengalaman di Kudus yang sudah berhasil menurunkan jumlah angka positifnya,” ujar Airlangga.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2869 seconds (0.1#10.140)