Binda Kepri Rela Terjang Badai Demi Salurkan 500 Paket Sembako untuk Masyarakat

Sabtu, 14 Agustus 2021 - 07:20 WIB
loading...
Binda Kepri Rela Terjang Badai Demi Salurkan 500 Paket Sembako untuk Masyarakat
Binda Kepri menyalurkan bantuan sembako untuk masyarakat di pulau-pulau terluar.
A A A
BATAM - Kesulitan ekonomi paska wabah COVID-19 tak hanya dirasakan masyarakat perkotaan, tapi juga masyarakat pesisir di pulau terluar. Ingin bantuan sembako tersebar merata, Binda Kepri pun turun ke pulau pulau terluar meski harus menghadang badai untuk sampai lokasi.

Hujan deras dan gelombang tinggi tak menjadi alasan tidak menyampaikan niat untuk berbagi. Dengan hanya menumpang perahu nelayan atau biasa disebut pompong, rombongan Binda Kepri menyambangi empat pulau yang berada di zona perbatasan Indonesia-Singapura.

Keempat pulau yakni Pulau Gara, Pulau Bertam, Pulau Lingka dan Pulau Lengkang. Pulau pulau tersebut masuk dalam wilayah Kecamatan Pulau Belakang Padang, Batam, Kepulauan Riau.

Baca juga: Akhirnya Dapat Sembako, Warga: Terima Kasih Binda Kepri

Kedatangan rombongan Binda Kepri sudah dinantikan masyarakat yang mayoritas hidup sebagai nelayan. Antusias warga terlihat memgingat sejak pandemic, kampung mereka sangat jarang tersentuh bantuan sembako.

Menurut dr. Zaini Saragih, panitia posko berbagi untuk warga Binda Kepri, ditengah pendemi corona ini banyak masyarakat yang kehilangan mata pencarian. Dalam kondisi seperti BIN selaku instansi pemerintah mencoba berbagi dan turun membantu masyarakat yang kesulitan.

“Kita sengaja turun ke pulau pulau, mengingat wilayah ini jarang tersentuh dan mendapat bantuan. Untuk kegiatan sosial ke pulau terluar ini, Binda Kepri menyalurkan 500an paket sembako lengkap. Jumlah ini sesuai dengan data jumlah kepala keluarga yang ada di empat pulau ini,” jelas Zaini.

baca juga: Gianyar Bali Gempar! 2 Jenazah COVID 19 Tertukar, 1 Mayat Terlanjur Dimakamkan

Dikatakan Dr. Zaini, sistem pembagian dilakukan dengan cara door to door. Hal ini guna menghindari kerumunan. “Binda Kepri bekerjasama dengan aparatur kelurahan, RT, RW, dalam melakukan pembagian sehingga bias dilakukan langsung dari pintu ke pintu,” ungkapnya.

Paket sembako tersebut berupa beras, mie instan, gula dan minyak goreng. Sementara itu, Syamsudin, tokoh masyarakat Pulau Gara mengaku terharu dan berterimakasih dengan bantuan sembako dari Binda Kepri ini. Rasa terimakasih itu terucap karena sejak wabah corona melanda, warga yang mayoritas sebagai nelayan kesulitan dalam menopang perekonomian dan kurang mendapat perhatian serta bantuan dari pihak luar.

“Awal awal corona merebak. Kita ada dapat bantuan. Namun makin kesini sudah nga ada lagi bantuan sembako di dapat warga pulau. Mungkin karena kampong kami jauh ya,” ujar Syamsudin yang juga merangkap sebagai ustad dan guru mengaji.

Kegiatan Binda Kepri berbagi sembako akan berlangsung secara terus menerus. Saat ini masih tersedia 46 ton beras, 1000 kardus mie instan, 2 ton gula dan ribuan dus minyak goring. Jumlah sembako tersebut akan terus bertambah karena adanya dukungan dari instansi dan para pengusaha di Provinsi Kepri.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3828 seconds (0.1#10.140)