Raja Mangkunegaran Mangkat, Dimakamkan Hari Minggu dengan Adat Mataram

Jum'at, 13 Agustus 2021 - 15:28 WIB
loading...
Raja Mangkunegaran Mangkat, Dimakamkan Hari Minggu dengan Adat Mataram
Pemakaman Raja Mangkunegaran, Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara IX, akan dilaksanakan pada Minggu (15/8/2021). Pemakaman dilakukan dengan prosesi adat Mataram. Foto/iNews TV/Wahyuendro
A A A
SOLO - Mangkatnya Raja Mangkunegaran , Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara IX, menyisakan duka mendalam. Raja Mangkunegaran meninggal karena sakit jantung pada Jumat (13/8/2021) dini hari di Jakarta, diusianya yang ke 70 tahun.



Rencananya, jenazah akan tiba di Pura Mangkunegaran , Jumat (13/8/2021) sekitar pukul 15.00 WIB, melalui perjalanan darat. Menurut Pelaksana tugas (Plt) Pengageng Kabupaten Mondropuro Pura Mangkunegaran Solo, Supriyanto Waluyo pemakaman akan dilakukan pada hari Minggu (15/8/2021) pukul 10.00 WIB.



"Pemakaman akan menggunakan adat Mataram , seperti proses pemakaman raja-raja sebelumnya. Nantinya ada acara tradisional masyarakat Jawa, yakni brobosan untuk keluarga, istri, anak, dan cucu-cucu," terangnya.



Sementara itu, Kapolrestabes Solo, Kombespol Ade Safri Simanjutak menyatakan, pihak keluarga telah berkoordinasi dengan Satgas COVID-19 Kota Solo, untuk melaksanakan prosesi pemakaman sesuai protokol kesehatan. "Kami akan membantu mengamankan jalannya pemakaman sampai di Astana Girilayu, Matesih, Kabupaten Karanganyar," tegasnya.



Raja Mangkunegaran IX dikenal sebagai sosok yang arif dan bijaksana selama memimpin di Pura Mangkunegaran . KGPAA Mangkunegara IX meninggalkan empat orang putra satu cucu. Putra putri mendiang adalah Paundrakarna Sukmaputra Jiwanegara, GRA Putri Agung Suniwati, GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo, dan GRA Ancillasura Sudjiwo.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4448 seconds (0.1#10.140)