Tetap Eksis, Desa Kartun Sidareja Purbalingga Luncurkan Village Gallery

Kamis, 12 Agustus 2021 - 22:38 WIB
loading...
Tetap Eksis, Desa Kartun Sidareja Purbalingga Luncurkan Village Gallery
Pandemi COVID-19 tak membuat pelaku seni di desa kartun Sidareja, Purbalingga, Jawa Tengah menyerah dengan keadaan. Mereka tetap eksis dan meluncurkan village gallery. Foto/Ist
A A A
PURBALINGGA - Pandemi COVID-19 tak membuat pelaku seni di desa kartun Sidareja, Purbalingga, Jawa Tengah menyerah dengan keadaan. Mereka tetap eksis dan meluncurkan village gallery.

Baca juga: 5 Serial Kartun Hit pada Awal 2000-an, Bikin Kangen!

Village Gallery Kie Art Project yang terletak tepat di Desa Sidareja Dusun Peninis RT01/RW01 Kaligondang, Purbalingga seharusnya di-launching pada Desember 2019 di Jakarta. Namun kini dapat direalisasikan di sebuah desa yang asri lengkap dengan konsep sebagai desa kartun pertama di Indonesia ini.

Baca juga: Istri Dokter Richard Lee ke Polda Sumsel, Tanyakan Laporan Terhadap Kartika Putri

Slamet Sentosa, salah satu pemilik Kie Art menyatakan bahwa keunggula inilah yang memberikan keunikan bagi setiap kolektor yang nantinya berkunjung. Selain itu, Village Gallery Kie Art Project tahun ini juga berpartisipasi dalam Pameran Art Moment 2021 yang diikuti oleh 50 negara dalam negeri dan luar negeri.

Tetap Eksis, Desa Kartun Sidareja Purbalingga Luncurkan Village Gallery


"Seniman-seniman Kie Art Projects berasal dari beberapa daerah di Indonesia seperti Bali, Jogja dan Jakarta," katanya, dikutip Kamis (12/8/2021).

Dia mengaku optimistis tetap dapat melayani dengan baik para kolektor yang berada di kota kota besar. Hal itu karena saat ini kegiatan mayoritas dilakukan secara online dan pengiriman Lukisan akses dan channelnya sudah cukup luas dan mudah dijangkau.

Selain juga pameran yang dilakukan banyak di titik beratkan di Kota Jakarta. "Kie Art Project memberikan warna yang berbeda di dunia Seni Rupa karena dengan menghimpun pemuda seni cartoon village Sidareja dalam Kelompok Kie Kartun," lanjutnya.

Tetap Eksis, Desa Kartun Sidareja Purbalingga Luncurkan Village Gallery


Di kesempatan yang sama diluncurkan Kie Art Cartoon Paintings yang memiliki differensiasi dalam penyajian karya, yaitu mengusung tema kartun Indonesia modern heritage. "Yaitu mengemas tradisi seni budaya Indonesia dalam lukisan kartun yang modern sehingga dapat diterima dengan baik di market," ujar Gita Yohanna Thomdean pendiri Kie Art Project dan pegiat seni.

Peresmian galeri dimeriahkan pameran Kie Art Cartoon Paintings dengan karya yang dipamerkan banyak menggambarkan permainan tradisional yang dikemas apik modern dan out the box. "The Center of Children Joys Cartoon Paintings in Indonesia menjadi salah satu mimpi kami, di mana Desa Kartun Sidareja akan dikenal Sebagai Penghasil Lukisan Kartun bertemakan keceriaan anak oleh para pemuda seni," ujarnya.

Salah satu kolaborasi apik yaitu lampu lukis karya para pemuda Kie Kartun dalam konsep design lighting yang diinisiasi langsung oleh CEO Dua Lighting Robby Permana. Kolaborasi menitik beratkan kepada filosofi dua, di mana disetiap pencahayaan dua menekankan pada keunikan pencahayaan.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.0035 seconds (0.1#10.140)