Transmisi Lokal, 1 Lagi Warga Kota Sorong Dinyatakan Positif COVID-19

Selasa, 21 April 2020 - 10:26 WIB
loading...
Transmisi Lokal, 1 Lagi Warga Kota Sorong Dinyatakan Positif COVID-19
Satgas Penanggulangan COVID-19 Kota Sorong, Papua Barat menyatakan pasien positif virus corona (COVID-19) bertambah 1 orang, sehingga total menjadi 5 orang. Foto/Ilustrasi/Ist
A A A
SORONG - Satgas Penanggulangan COVID-19 Kota Sorong, Papua Barat menyatakan pasien positif virus corona ( COVID-19 ) bertambah 1 orang, sehingga total menjadi 5 orang.

Juru bicara Satgas COVID-19 Kota Sorong, Ruddy R Laku mengatakan bahwa Laboratorium Balitbangkes Makassar mengeluarkan hasil 21 sampel warga Kota Sorong yang dilakukan pemeriksaan swab. (Baca juga: COVID-19 di AS Sudah Tewaskan 42.094 Orang, Sehari 1.433 Nyawa)

Hasil pemeriksaan 21 sampel tersebut telah diumumkan kepada masyarakat melalui media masa pada 19 April 2020 yakni 2 orang dinyatakan positif, 18 orang dinyatakan negatif, dan satu orang hasilnya tidak terbaca.

Menurut Ruddy, seorang orang warga yang hasilnya tidak terbaca tersebut berdasarkan keterangan Balitbangkes Makassar melalui Dinas Kesehatan Papua Barat pada Selasa (21/4/2020) hasilnya sudah terbaca, yakni positif virus corona.

Dia menjelaskan bahwa seorang warga positif virus corona baru tersebut D berjenis kelamin perempuan, umur 47 tahun status orang tanpa gejala (OTG). Dengan demikian, jumlah pasien positif virus corona di Kota Sorong meningkat menjadi lima orang. Satu orang telah meninggal dunia, dan empat orang dalam penanganan rumah sakit.

Ruddy menjelaskan, hasil positif orang tanpa gejala tersebut menunjukkan transmisi lokal telah terjadi di Kota Sorong. Sehingga masyarakat diharapkan waspada dengan menerapkan protokol pencegahan virus COVID-19.

"Kami berharap masyarakat Kota Sorong meningkatkan kewaspadaan dengan tidak keluar rumah jika tidak ada keperluan penting, menggunakan masker jika keluar rumah dan tidak melakukan aktivitas yang melibatkan banyak orang guna mengurangi dan pencegahan penyebaran virus corona," ujarnya.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1758 seconds (0.1#10.140)