5.000 Pohon Bibit Mangrove Ditanam Lanud Hang Nadim

Rabu, 04 Agustus 2021 - 08:32 WIB
loading...
5.000 Pohon Bibit Mangrove Ditanam Lanud Hang Nadim
Pangkalan Udara (Lanud) TNI AU Hang Nadim laksanakan penanaman 5.000 bibit pohon manggrove di Pantai Terih bersama masyarakat Kelurahan Sambau kecamatan Nongsa, Batam, Selasa (3/8/21). Foto SINDOnews
A A A
BATAM - Pangkalan Udara (Lanud) TNI AU Hang Nadim laksanakan penanaman 5.000 bibit pohon manggrove di Pantai Terih bersama masyarakat Kelurahan Sambau kecamatan Nongsa, Batam, Selasa (3/8/21).

Komandan Lanud Hang Nadim Letkol Pnb Iwan Setiawan mengatakan, bibit manggrove tersebut didapat dari kerjasama Lanud Hang Nadim dengan Manggala Agni.

"Jadi kami koordinir dan salurkan bibit manggrove tersebut dari Manggala Agni untuk kelestarian dan keindahan wisata pantai Terih di Kelurahan sambau ini," katanya.

Di samping itu tujuan penanaman ini adalah untuk menjalin silahturahmi dengan masyarakat Sambau sebagai wujud bakti Lanud Hang Nadim kepada masyarakat sekitar dalam memperingati Hari Bakti ke-74 TNI Angkatan Udara.

"Lanud Hang Nadim memiliki beberapa program kerja tahunan. Sampai saat ini Lanud Hang Nadim sudah melaksanakan 2 program yaitu penanaman bibit tanaman pucuk merah dan manggrove ini," kata Iwan.

Dijelaskannya, bahwa program ini bukan untuk kita, namun manfaatnya dapat dirasakan 10 atau 20 tahun kedepan. "Ini untuk anak cucu kita yang akan merasakan manfaat dari program ini," pungkasnya. Baca Juga: Satwa Liar di Balik Rindangnya Hutan Bakau Ekowisata Mangrove Wonorejo Surabaya

Pada kesempatan ini, Lurah Sambau Raja Zulkarnain sangat menyambut gembira program yang dilaksanakan Lanud Hang Nadim untuk masyarakat diwilayah pemerintahannya."Saya ucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada Lanud Hang Nadim dengan terlaksananya program penanaman 5000 pohon manggrove di Pantai Terih," katanya.

Menurutnya, manggrove bukan hanya bermanfaat untuk menahan ombak air laut, namun dapat dimanfaatkan sebagai budidaya biota laut seperti kepiting dan lain-lain. "Banyak manfaatnya mangrove ini," pungkasnya.

Penanaman manggrove dihadiri oleh beberapa pimpinan instansi seperti Kepala Balai Loka Rehabilitasi dr. Danu Cahyono, Manggala Agni, organisasi pelestarian alam Akar Bumi Indonesia dan beberapa tokoh masyarakat Kelurahan Sambau.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3298 seconds (0.1#10.140)