Perhatian! Berita ini memuat konten dewasa.
Apakah anda sudah berusia 17 tahun atau lebih?

Putra Papua Peraih Adhi Makayasa Dipromosikan Jabat Wakapolda Sulawesi Utara

loading...
Putra Papua Peraih Adhi Makayasa Dipromosikan Jabat Wakapolda Sulawesi Utara
Kapolrestabes Surabaya Komisaris Besar Polisi Johnny Eddizon Isir, SIK, MTCP, mendapat promosi jabatan sebagai Wakil Kepala Kepolisian Daerah Sulawesi Utara. Foto SINDOnews
JAKARTA - Kepala Kepolisian Resor Kota Besar (Kapolrestabes) Surabaya Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) Johnny Eddizon Isir, SIK, MTCP, mendapat promosi jabatan sebagai Wakil Kepala Kepolisian Daerah Sulawesi Utara usai terbitnya surat telegram dari Kapolri, STR, dengan Telegram Rahasia (TR) Kapolri Nomor: ST/1506/VII/KEP./2021 tertanggal 26 Juli 2021.

Dalam TR tersebut, sejumlah kapolres di jajaran Polda Jatim dimutasi. Kombes Pol Johnny Eddison Isir, SIK, MTCP, baru bertugas sebagai orang nomor satu di jajaran Polrestabes Surabaya selama sekitar 13 bulan.Ia dilantik pada 2 Juni 2020 menggantikan Brigjen Polisi Sandi Nugroho yang saat itu dipercaya menjabat sebagai Penyidik Tindak Pidana Utama TK II Bareskrim Polri.

Berdasarkan surat telegram Kapolri tersebut, jabatan Kapolrestabes Surabaya digantikan Kombes Pol Akhmad Yusep Gunawan sebelumnya menjabat sebagai Kabagrenmin Divkum Polri. Baca juga: Pulang ke Surabaya Lewat Jalur Darat, Ini Alasan Utama Risma

Kombes Pol Johnny Eddison Isir, SIK, MTCP, pria kelahiran Jayapura, 7 Juni 1975, adalah lulusan pendidikan Akademi Kepolisian (Akpol) pada 1996. Tak tanggung-tanggung, Jhonny mengukir prestasi sebagai orang Papua pertama yang menjadi lulusan terbaik Akpol atau penerima Adhi Makayasa pada 1996.



Ketika itu, Presiden ke-2 RI Soeharto langsung menyematkan penghargaan Adhi Makayasa kepada Jhonny. Kombes Pol Jhonny Edison Isir lahir dari keluarga yang sederhana dimana dia telah ditakdirkan menjadi anggota Polri setelah menyelesaikan pendidikan SMU Taruna Nusantara.

Jhonny merupakan putra dari pasangan Victoria Hermione Isir yang merupakan anggota Polri dan Velove Malikha Isir. Jhonny kecil ditempa kondisi kehidupan yang keras, bahkan harus berjualan nasi kuning untuk menopang dan membantu ekonomi keluarga saat mengenyam pendidikan di SMP Negeri 6 Jayapura.

Bagi Jhonny kehidupan seperti itu menjadi tempaan untuk belajar disiplin waktu dan giat menuntut ilmu terlebih dia berkembang di lingkungan Sekolah Polisi Negara (SPN) Jayapura yang tidak jauh dari rumahnya.Karena itu orang tua dan lingkungan di sekitarnya membentuk Jhonny sejak dini menjadi pribadi yang kuat dan memiliki integritas.

Pria yang sempat menjabat sebagai Ajudan Presiden RI Joko Widodo itu kini menjadi perbincangan lagi, terutama di media sosial. Jhonny yang kini menyandang pangkat Komisaris Besar Polisi dipromosikan menjabat sebagai Wakapolda Sulawesi Utara.

Jhonny mencatat sejarah menjadi putra Papua pertama yang menjadi Wakapolda Sulawesi Utara. Otomatis pangkat di pundak Jhonny akan bertambah dimana sebelumnya dari Komisaris Besar Polisi akan berganti menjadi Brigadir Jenderal Polisi. Baca juga: Kapolri Jenderal Listyo Sigit Mutasi Sejumlah Kapolres, Ini Daftarnya
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top