KRI SHS-990 Dikerahkan TNI Al untuk Depo Isi Ulang Oksigen 24 Jam Non Stop

Kamis, 22 Juli 2021 - 19:45 WIB
loading...
KRI SHS-990 Dikerahkan TNI Al untuk Depo Isi Ulang Oksigen 24 Jam Non Stop
KSAL Laksamana TNI Yudo Margono menyerahkan tabung oksigen kepada Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, saat meninjau pengisian tabung oksigen di KRI SHS-990. Foto/SINDOnews/Ali Masduki
A A A
SURABAYA - Kapal Bantu Rumah Sakit KRI dr. Soeharso-990 yang berada di bawah operasi Satuan Kapal Bantu Koarmada II, dikerahkan TNI AL untuk depo isi ulang oksigen bagi penderita COVID-19 yang membutuhkan.



Hal ini dipastikan langsung oleh Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono, yang didampingi Panglima Koarmada II Laksamana Muda TNI Iwan Isnurwanto, saat meninjau proses pengisian tabung-tabung dengan ukuran yang berbeda.



KSAL juga melakukan penyerahan secara simbolis tabung oksigen kepada Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, sebagai tanda bahwa Koarmada II secara resmi memulai pelayanan pengisian ulang oksigen gratis guna membantu masyarakat yang sedang isoman dan rumah sakit yang membutuhkan.



"Seperti yang disampaikan oleh Komandan KRI tadi, bahwa generator oksigen yang dimiliki KRI dr. Soeharso ini bisa memproduksi oksigen untuk tabung oksigen ukuran 6000 liter sebanyak 25 tabung per 24 jam. Kemudian yang ukuran 1500 liter itu bisa 65 tabung per 24 jam," terang Yudo.

Orang nomor satu di tubuh TNI AL ini menambahkan, jika kedepannya TNI AL dalam hal ini Koarmada II, akan membuka tempat di Jalajaya sebagai tempat penyediaan tabung oksigen yang telah terisi dari KRI dr.Soeharso untuk kemudian ditukar dengan tabung oksigen yang kosong milik masyarakat yang membutuhkan.



"Kita akan buka selama 24 jam non stop, sehingga memudahkan masyarakat sewaktu-waktu membutuhkan segera suplai oksigen secara gratis. Adanya tempat layanan juga mengurangi kesulitan masyarakat untuk mencapai akses jika langsung menuju KRI dr.Soeharso. Diharapkan hal ini bisa membantu kelangkaan oksigen yang terjadi di masyarakat saat ini," imbuhnya.

Lebih lanjut, Yudo mengungkapkan, bahwa tidak tertutup kemungkinan TNI AL akan mengirim kapal-kapal perang lainnya melalui unsur gelar, untuk membantu pasokan oksigen bagi masyarakat maritim yang berada di pulau-pulau. Namun untuk saat ini TNI AL fokus pada masyarakat di Jawa Timur yang lebih banyak membutuhkan bantuan oksigen.

KRI SHS-990 Dikerahkan TNI Al untuk Depo Isi Ulang Oksigen 24 Jam Non Stop


Sementara itu ketika disinggung mengenai sinergitas TNI AL dengan Pemprov, Yudo menegaska,n akan mengerahkan semua sarana dan prasarana yang ada di TNI AL untuk membantu pemerintah pusat dan daerah untuk segera menyelesaikan pandemi COVID-19 .

"Dukungan yang sudah diwujudkan selama ini, yakni serbuan vaksinasi bagi masyarakat maritim, kemudian depo isi ulang oksigen . Akan kita kerahkan sarana dan prasarana yang ada di TNI AL untuk membantu pemerintah pusat dan pemerintah daerah," tegas Yudo.



Pada kesempatan tersebut, Yudo menyerahkan secara simbolis bantuan oksigen kepada Kepala RSPAL dr.Ramelan Laksma TNI Radito, kemudian kepada Gubernur Khofifah yang lantas menyerahkannya kepada tiga orang perwakilan dari rumah sakit di wilayah Surabaya yakni RSU Haji Surabaya, RS Jiwa Menur, dan RS Husada Utama Surabaya.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1500 seconds (0.1#10.140)