Tips Mengolah Daging Kurban yang Baik dan Sehat

Selasa, 20 Juli 2021 - 18:30 WIB
loading...
Tips Mengolah Daging Kurban yang Baik dan Sehat
Petugas menyembelih hewan Kurban dengan protokol kesehatan. Foto/Ali Masduki
A A A
SURABAYA - Setiap Hari Raya Idul Adha , daging sapi, kambing dan domba biasanya berlimpah. Setiap rumah hampir dipastikan mendapat kiriman daging dari panitia penyembelihan kurban setempat.

Lantas bagaimana cara mengolah daging tersebut agar aman dan sehat? Dosen S1 Gizi Fakultas Kesehatan (FKes) Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa), Rizki Nurmalya Kardina, S.Gz., M.Kes memiliki tips mengolah daging secara baik dan tetap sehat.

Rizki menjelaskan, daging sapi, daging domba maupun daging kambing merupakan salah satu protein hewani. Ketiga daging tersebut memiliki kandungan energi masing-masing sebesar sapi 250 Kilokalori (kkal) (sapi), 143 kkal (kambing), serta 292 kkal (domba) dalam setiap 100 gram daging. "Ketiga daging itu termasuk protein hewani yang memang dibutuhkan tubuh," ungkapnya.

Ketiga daging tersebut mengandung protein juga cukup tinggi untuk per 100 gramnya yaitu 26 gram untuk daging sapi, 27 (kambing), dan 24 gram (domba). "Dengan kata lain daging itu sendiri cukup baik untuk dikonsumsi," terangnya.

Baca juga: Layanan Isi Ulang Oksigen Gratis di Dishub Jatim Capai 200 Meter Kubik Per Hari

Rizki memiliki tips untuk mengolah daging, pertama membuang lemak pada daging sapi, kambing dan domba. "Ini dilakukan untuk mengurangi lemak yang nantinya akan diolah dengan berbagai cara entah dibakar, dibuat sup atau lainnya," bebernya.

Wanita yang menjabat sebagai Kaprodi S1 Gizi Unusa ini menjelaskan, jika dimasak harus diimbangi dengan sayur. Karena lebih baik pengolahan daging ini diimbangi vitamin lainnya yang ada pada sayuran," terangnya.

Masakan yang paling sering dimasak saat Idul Kurban adalah rawon, sate, rendang, tongseng dan lainnya. Memakan masakan tersebut menyumbang kalori dan lemak yang lebih besar. "Sehingga bisa berdampak pada penyakit hipertensi, kolesterol, maupun kelebihan berat badan," ungkap Rizki.

Namun jika terpaksa harus masak menggunakan santan maka kurangi porsinya. "Tapi jangan lupa tambahkan juga sayuran yang memenuhi gizi seimbang. Caranya, isi piring makan dengan 1/3 makanan pokok, 1/6 untuk lauk hewani (daging), 1/6 utk buah buahan, 1/3 untuk sayuran," terangnya.

Mengkonsumsi daging, katanya menambahkan, sebaiknya tetap dengab mengkombinasi sayuran dan buah buahan, sehingga vitamin dan mineral yang dibutuhkan dalam tubuh. "Untuk karbohidrat bisa berasal dari nasi, kentang, dan ubi," pungkasnya.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1509 seconds (0.1#10.140)